Ternak Burung Gelatik: Panduan Lengkap Untuk Pemula

Ternak Burung Gelatik: Panduan Lengkap untuk Pemula

Burung gelatik (Padda oryzivora) adalah burung kicau kecil yang berasal dari Australia. Burung ini dikenal karena bulunya yang berwarna-warni dan kicauannya yang merdu. Dalam beberapa tahun terakhir, ternak burung gelatik telah menjadi usaha yang populer karena permintaan yang tinggi akan burung ini sebagai hewan peliharaan dan burung kontes.

Pemilihan Bibit

Langkah pertama dalam beternak burung gelatik adalah memilih bibit yang berkualitas. Carilah burung yang sehat, aktif, dan memiliki bulu yang cerah. Hindari burung yang menunjukkan tanda-tanda penyakit atau cacat.

Kandang

Burung gelatik membutuhkan kandang yang cukup besar untuk terbang dan bergerak dengan bebas. Kandang ideal berukuran minimal 1 meter x 1 meter x 1 meter. Kandang harus dilengkapi dengan tempat bertengger, wadah makanan dan air, dan kotak bersarang.

Makanan

Burung gelatik adalah pemakan biji-bijian. Makanan utama mereka terdiri dari campuran biji-bijian seperti biji kenari, biji millet, dan biji sawi. Selain itu, burung gelatik juga membutuhkan makanan tambahan seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan serangga hidup.

Air

Burung gelatik membutuhkan air bersih setiap saat. Ganti air setiap hari dan bersihkan wadah air secara teratur untuk mencegah penumpukan bakteri.

Pembiakan

Burung gelatik biasanya mulai berkembang biak pada usia 6-8 bulan. Mereka adalah burung monogami yang kawin seumur hidup. Untuk mendorong pembiakan, sediakan kotak bersarang yang terbuat dari kayu atau plastik. Kotak bersarang harus berukuran sekitar 15 cm x 15 cm x 15 cm dan dilengkapi dengan lubang masuk berdiameter 5 cm.

Burung gelatik betina biasanya bertelur 4-6 butir telur. Telur dierami oleh kedua induknya selama sekitar 12-14 hari. Setelah menetas, anak burung akan diasuh oleh kedua induknya selama sekitar 3 minggu sebelum mereka mulai belajar terbang.

Pemeliharaan Anak Burung

Anak burung gelatik membutuhkan perawatan khusus. Mereka harus diberi makan setiap 2-3 jam dengan makanan lunak seperti bubur biji-bijian atau bubur telur. Setelah anak burung mulai belajar terbang, mereka dapat dipindahkan ke kandang yang lebih besar.

Penyakit dan Pencegahan

Burung gelatik rentan terhadap berbagai penyakit, termasuk penyakit pernapasan, penyakit pencernaan, dan penyakit parasit. Untuk mencegah penyakit, jaga kebersihan kandang dan peralatan, serta berikan makanan dan air yang berkualitas. Jika burung gelatik menunjukkan tanda-tanda penyakit, segera konsultasikan dengan dokter hewan.

Pelatihan

Burung gelatik dapat dilatih untuk berkicau dengan baik. Pelatihan harus dimulai sejak burung masih muda. Gunakan rekaman kicauan burung gelatik jantan yang berkualitas sebagai panduan. Putar rekaman secara teratur dan berikan hadiah kepada burung gelatik ketika mereka berkicau dengan baik.

Pemasaran

Setelah burung gelatik dewasa dan dilatih, mereka dapat dipasarkan sebagai hewan peliharaan atau burung kontes. Burung gelatik yang berkualitas dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi. Carilah pasar lokal atau online untuk menjual burung gelatik Anda.

Kesimpulan

Ternak burung gelatik adalah usaha yang menguntungkan bagi mereka yang bersedia menginvestasikan waktu dan usaha. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat berhasil beternak burung gelatik dan menghasilkan keuntungan dari hobi Anda. Ingatlah untuk selalu memprioritaskan kesejahteraan burung Anda dan berkonsultasi dengan dokter hewan jika diperlukan.