Ternak Burung Gelatik Putih: Panduan Lengkap Untuk Pemula

Ternak Burung Gelatik Putih: Panduan Lengkap untuk Pemula

Burung gelatik putih (Lonchura striata var. alba) adalah varian albino dari burung gelatik jawa yang memiliki bulu putih bersih dan mata merah. Burung yang menawan ini semakin populer di kalangan penggemar burung karena penampilannya yang unik dan perawatannya yang relatif mudah. Berikut adalah panduan lengkap untuk membantu Anda memulai peternakan burung gelatik putih:

Pemilihan Kandang

Kandang yang ideal untuk burung gelatik putih berukuran minimal 60 x 40 x 40 cm untuk sepasang burung. Kandang harus terbuat dari bahan yang kokoh seperti kawat atau besi, dengan jarak antar jeruji yang cukup sempit untuk mencegah burung keluar.

Pencahayaan dan Ventilasi

Burung gelatik putih membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk menjaga kesehatan mereka. Pastikan kandang ditempatkan di area yang mendapat sinar matahari langsung selama beberapa jam setiap hari. Ventilasi yang baik juga penting untuk mencegah penumpukan amonia dan menjaga udara tetap segar.

Tempat Bertengger

Sediakan beberapa tempat bertengger dengan ukuran dan bentuk yang berbeda di dalam kandang. Ini akan memberikan burung tempat untuk beristirahat dan berolahraga. Tempat bertengger harus terbuat dari bahan alami seperti kayu atau bambu.

Makanan

Makanan utama burung gelatik putih adalah biji-bijian, seperti millet dan gabah. Anda juga dapat memberikan makanan tambahan seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan serangga kecil. Pastikan untuk menyediakan air bersih setiap saat.

Perawatan

Burung gelatik putih membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga kesehatan mereka. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Kebersihan Kandang: Bersihkan kandang secara teratur untuk menghilangkan kotoran dan sisa makanan. Ganti alas kandang secara berkala.
  • Pemangkasan Kuku: Pangkas kuku burung secara teratur untuk mencegah pertumbuhan yang berlebihan.
  • Pemeriksaan Kesehatan: Periksa burung secara teratur untuk mencari tanda-tanda penyakit atau cedera. Konsultasikan dengan dokter hewan jika Anda melihat sesuatu yang tidak biasa.

Pembiakan

Burung gelatik putih dapat mulai berkembang biak pada usia sekitar 6 bulan. Mereka biasanya bertelur 4-6 butir telur sekaligus. Telur dierami oleh kedua induknya selama sekitar 12 hari. Anak burung akan meninggalkan sarang pada usia sekitar 21 hari.

Tips Pembiakan

  • Sediakan kotak sarang yang cukup besar untuk kedua induk dan anak burung.
  • Beri makan burung makanan yang bergizi selama masa kawin dan bertelur.
  • Hindari mengganggu burung selama masa bertelur dan mengerami.
  • Pisahkan anak burung dari induknya setelah mereka meninggalkan sarang.

Penjualan

Burung gelatik putih dapat dijual sebagai hewan peliharaan atau untuk keperluan kontes. Harga jual bervariasi tergantung pada kualitas burung dan permintaan pasar. Anda dapat menjual burung Anda melalui toko hewan peliharaan, pameran burung, atau secara online.

Kesimpulan

Ternak burung gelatik putih bisa menjadi hobi yang menyenangkan dan menguntungkan. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memberikan perawatan yang tepat untuk burung Anda dan memulai peternakan yang sukses. Ingatlah untuk selalu memprioritaskan kesejahteraan burung Anda dan menikmati keindahan mereka yang unik.