Ternak Burung Gelatik Belong: Panduan Lengkap

Ternak Burung Gelatik Belong: Panduan Lengkap

Pendahuluan

Burung gelatik belong (Eumyias indigo) adalah salah satu spesies burung kicau yang populer dipelihara di Indonesia. Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan penampilan yang menawan, sehingga banyak orang tertarik untuk beternaknya. Artikel ini akan membahas panduan lengkap tentang cara beternak burung gelatik belong, mulai dari persiapan kandang hingga perawatan harian.

Persiapan Kandang

Kandang yang ideal untuk burung gelatik belong adalah kandang berukuran sedang dengan dimensi sekitar 60 x 60 x 60 cm. Kandang dapat terbuat dari bahan seperti kayu, besi, atau kawat. Pastikan kandang memiliki ventilasi yang baik dan dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum.

Pemilihan Induk

Pemilihan induk sangat penting untuk menghasilkan keturunan yang berkualitas. Induk jantan dan betina harus sehat, tidak cacat, dan memiliki suara kicauan yang bagus. Induk jantan biasanya memiliki warna bulu yang lebih cerah dan suara kicauan yang lebih lantang.

Penjodohan

Penjodohan dilakukan dengan memasukkan induk jantan dan betina ke dalam satu kandang. Proses penjodohan biasanya memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu. Jika kedua induk menunjukkan tanda-tanda saling menerima, seperti saling berdekatan dan berkicau, maka penjodohan berhasil.

Pembuatan Sarang

Setelah penjodohan berhasil, induk betina akan mulai membuat sarang. Sarang biasanya dibuat dari bahan-bahan seperti rumput, daun, dan serat. Peternak dapat menyediakan bahan-bahan tersebut di dalam kandang.

Telur dan Pengeraman

Induk betina biasanya akan bertelur sebanyak 2-4 butir telur. Telur akan dierami oleh induk betina selama sekitar 12-14 hari. Selama masa pengeraman, induk jantan akan membantu mencari makan untuk induk betina.

Penetasan dan Perawatan Anak

Setelah telur menetas, anak burung akan dirawat oleh kedua induknya. Anak burung akan diberi makan berupa serangga kecil dan buah-buahan. Anak burung akan mulai belajar terbang pada usia sekitar 2-3 minggu.

Pemberian Pakan

Pakan yang diberikan kepada burung gelatik belong harus bervariasi dan bergizi. Pakan utama terdiri dari voer, jangkrik, ulat hongkong, dan buah-buahan. Pakan harus diberikan secara teratur dan dalam jumlah yang cukup.

Perawatan Harian

Perawatan harian yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan burung gelatik belong. Perawatan harian meliputi:

  • Membersihkan kandang secara teratur
  • Mengganti air minum setiap hari
  • Memandikan burung secara berkala
  • Menjemur burung di bawah sinar matahari pagi
  • Memeriksa kesehatan burung secara rutin

Penanganan Penyakit

Burung gelatik belong rentan terhadap beberapa jenis penyakit, seperti penyakit pernafasan, penyakit pencernaan, dan penyakit kulit. Jika burung menunjukkan gejala penyakit, seperti bersin, batuk, diare, atau bulu rontok, segera konsultasikan dengan dokter hewan.

Pemanenan

Burung gelatik belong dapat dipanen pada usia sekitar 4-5 bulan. Burung yang dipanen harus sehat dan memiliki suara kicauan yang bagus. Burung dapat dipanen dengan cara dijaring atau ditangkap dengan tangan.

Kesimpulan

Ternak burung gelatik belong dapat menjadi kegiatan yang menguntungkan dan menyenangkan. Dengan mengikuti panduan lengkap yang telah dibahas dalam artikel ini, peternak dapat menghasilkan burung gelatik belong yang berkualitas tinggi dan sehat. Perawatan harian yang baik, pemberian pakan yang bergizi, dan penanganan penyakit yang tepat sangat penting untuk keberhasilan ternak burung gelatik belong.