Pleci Auri Jantan: Burung Kecil Dengan Suara Merdu

Pleci Auri Jantan: Burung Kecil dengan Suara Merdu

Pleci auri jantan adalah salah satu burung kicau yang paling populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik. Pleci auri jantan dapat ditemukan di hutan-hutan di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Ciri-ciri Pleci Auri Jantan

Pleci auri jantan memiliki tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 12-15 cm. Bulu-bulunya berwarna hijau zaitun dengan garis-garis hitam di bagian punggung. Bagian dada dan perutnya berwarna kuning cerah. Paruhnya berwarna hitam dan kakinya berwarna coklat.

Pleci auri jantan memiliki suara yang sangat merdu. Suara burung ini terdiri dari kicauan yang panjang dan berirama. Kicauan pleci auri jantan dapat terdengar hingga jarak yang jauh.

Habitat Pleci Auri Jantan

Pleci auri jantan dapat ditemukan di hutan-hutan di Jawa, Sumatera, dan Kalimantan. Burung ini biasanya hidup di pohon-pohon yang tinggi. Pleci auri jantan memakan serangga, buah-buahan, dan biji-bijian.

Perkembangbiakan Pleci Auri Jantan

Pleci auri jantan biasanya kawin pada musim kawin. Musim kawin pleci auri jantan berlangsung dari bulan Maret hingga September. Pleci auri jantan akan membangun sarang di pohon-pohon yang tinggi. Sarang pleci auri jantan terbuat dari ranting-ranting pohon dan daun-daunan.

Pleci auri jantan akan bertelur sebanyak 2-4 butir. Telur pleci auri jantan berwarna putih dengan bintik-bintik coklat. Telur pleci auri jantan akan dierami oleh induk betina selama sekitar 12 hari.

Setelah 12 hari, telur pleci auri jantan akan menetas. Anak pleci auri jantan akan diasuh oleh induk jantan dan betina. Anak pleci auri jantan akan belajar terbang setelah sekitar 2 minggu.

Pemeliharaan Pleci Auri Jantan

Pleci auri jantan dapat dipelihara di rumah. Burung ini dapat ditempatkan di sangkar yang berukuran sedang. Sangkar pleci auri jantan harus dilengkapi dengan tempat makan, tempat minum, dan tempat bertengger.

Pleci auri jantan harus diberi makan berupa serangga, buah-buahan, dan biji-bijian. Pleci auri jantan juga harus diberi minum air bersih setiap hari.

Pleci auri jantan harus dimandikan secara teratur. Pleci auri jantan dapat dimandikan dengan cara disemprot dengan air bersih. Pleci auri jantan juga harus dijemur di bawah sinar matahari pagi selama sekitar 1 jam setiap hari.

Manfaat Pleci Auri Jantan

Pleci auri jantan memiliki banyak manfaat. Manfaat pleci auri jantan antara lain:

  • Menyegarkan pikiran
  • Mengurangi stres
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Menambah nafsu makan
  • Memperkuat sistem imun
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mengobati penyakit kanker

Kesimpulan

Pleci auri jantan adalah burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik. Pleci auri jantan dapat dipelihara di rumah dan memiliki banyak manfaat.