Perbedaan Jenis Burung Pleci Jantan Dan Betina

Perbedaan Jenis Burung Pleci Jantan dan Betina

Burung pleci (Zosterops japonicus) merupakan salah satu burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan penampilan yang menarik. Pleci jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan fisik yang dapat digunakan untuk membedakan jenis kelaminnya.

1. Warna Bulu

Salah satu perbedaan yang paling mencolok antara pleci jantan dan betina adalah warna bulunya. Pleci jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan lebih mencolok dibandingkan dengan pleci betina. Pleci jantan biasanya memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, sedangkan pleci betina memiliki warna bulu hijau kusam.

Selain itu, pleci jantan juga memiliki warna kuning cerah di bagian bawah tubuhnya, sedangkan pleci betina memiliki warna kuning pucat. Warna kuning pada pleci jantan biasanya lebih pekat dan lebih luas dibandingkan dengan warna kuning pada pleci betina.

2. Ukuran Tubuh

Pleci jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan pleci betina. Pleci jantan dewasa biasanya memiliki panjang tubuh sekitar 12-14 cm, sedangkan pleci betina dewasa biasanya memiliki panjang tubuh sekitar 10-12 cm.

Selain itu, pleci jantan juga memiliki berat badan yang lebih berat dibandingkan dengan pleci betina. Pleci jantan dewasa biasanya memiliki berat badan sekitar 15-20 gram, sedangkan pleci betina dewasa biasanya memiliki berat badan sekitar 10-15 gram.

3. Bentuk Kepala

Pleci jantan biasanya memiliki bentuk kepala yang lebih besar dan lebih bulat dibandingkan dengan pleci betina. Pleci jantan juga memiliki paruh yang lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan dengan pleci betina.

Selain itu, pleci jantan juga memiliki alis yang lebih tebal dan lebih menonjol dibandingkan dengan pleci betina. Alis pada pleci jantan biasanya berwarna putih atau kuning cerah, sedangkan alis pada pleci betina biasanya berwarna putih pucat atau kuning kusam.

4. Suara Kicau

Pleci jantan biasanya memiliki suara kicau yang lebih merdu dan lebih bervariasi dibandingkan dengan pleci betina. Pleci jantan dapat berkicau dengan berbagai macam nada dan irama, sedangkan pleci betina hanya dapat berkicau dengan nada dan irama yang terbatas.

Selain itu, pleci jantan juga lebih sering berkicau dibandingkan dengan pleci betina. Pleci jantan biasanya berkicau sepanjang hari, sedangkan pleci betina hanya berkicau pada saat-saat tertentu, seperti saat mencari makan atau saat merasa terancam.

5. Perilaku

Pleci jantan biasanya lebih agresif dan lebih dominan dibandingkan dengan pleci betina. Pleci jantan seringkali berkelahi dengan pleci jantan lainnya untuk memperebutkan wilayah atau pasangan. Pleci betina biasanya lebih jinak dan lebih mudah dijinakkan dibandingkan dengan pleci jantan.

Selain itu, pleci jantan juga lebih aktif dan lebih lincah dibandingkan dengan pleci betina. Pleci jantan seringkali terbang kesana-kemari dan mencari makan di berbagai tempat. Pleci betina biasanya lebih pendiam dan lebih suka berdiam diri di tempat yang sama.

6. Harga

Pleci jantan biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan pleci betina. Hal ini disebabkan karena pleci jantan memiliki suara kicau yang lebih merdu dan lebih bervariasi dibandingkan dengan pleci betina.

Harga pleci jantan dewasa yang berkualitas baik biasanya berkisar antara Rp. 500.000 hingga Rp. 1.000.000. Sedangkan harga pleci betina dewasa yang berkualitas baik biasanya berkisar antara Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000.