Perbedaan Jantan Dan Betina Burung Pleci Montanus

Perbedaan Jantan dan Betina Burung Pleci Montanus

Burung pleci montanus (Lonchura montana) adalah salah satu jenis burung kicau yang populer di kalangan penggemar burung. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan penampilan yang menarik. Pleci montanus jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan fisik yang dapat digunakan untuk membedakan keduanya.

1. Ukuran Tubuh

Pleci montanus jantan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada betina. Panjang tubuh pleci montanus jantan dapat mencapai 12 cm, sedangkan betina hanya sekitar 10 cm.

2. Berat Badan

Pleci montanus jantan juga memiliki berat badan yang lebih berat daripada betina. Berat badan pleci montanus jantan dapat mencapai 15 gram, sedangkan betina hanya sekitar 10 gram.

3. Warna Bulu

Pleci montanus jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan lebih kontras daripada betina. Bulu pleci montanus jantan berwarna hitam, putih, dan merah. Bulu hitam menutupi bagian kepala, sayap, dan ekor. Bulu putih menutupi bagian dada dan perut. Bulu merah menutupi bagian punggung dan sayap.

Pleci montanus betina memiliki warna bulu yang lebih kusam dan lebih seragam daripada jantan. Bulu pleci montanus betina berwarna coklat, putih, dan hitam. Bulu coklat menutupi bagian kepala, sayap, dan ekor. Bulu putih menutupi bagian dada dan perut. Bulu hitam menutupi bagian punggung dan sayap.

4. Paruh

Pleci montanus jantan memiliki paruh yang lebih besar dan lebih kuat daripada betina. Paruh pleci montanus jantan berwarna hitam. Paruh pleci montanus betina berwarna coklat.

5. Kaki

Pleci montanus jantan memiliki kaki yang lebih panjang dan lebih kuat daripada betina. Kaki pleci montanus jantan berwarna hitam. Kaki pleci montanus betina berwarna coklat.

6. Suara Kicau

Pleci montanus jantan memiliki suara kicau yang lebih merdu dan lebih bervariasi daripada betina. Pleci montanus jantan dapat berkicau dengan suara yang keras dan nyaring. Pleci montanus betina hanya dapat berkicau dengan suara yang pelan dan lembut.

7. Perilaku

Pleci montanus jantan lebih aktif dan lebih agresif daripada betina. Pleci montanus jantan sering berkelahi dengan pleci montanus jantan lainnya. Pleci montanus betina lebih tenang dan lebih jinak daripada jantan. Pleci montanus betina lebih mudah dijinakkan daripada jantan.

8. Harga

Pleci montanus jantan umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal daripada betina. Harga pleci montanus jantan dapat mencapai ratusan ribu rupiah, sedangkan betina hanya sekitar puluhan ribu rupiah.

9. Penangkaran

Pleci montanus jantan lebih sulit dikembangbiakkan daripada betina. Pleci montanus jantan lebih agresif dan lebih mudah berkelahi dengan pleci montanus betina. Pleci montanus betina lebih jinak dan lebih mudah dijinakkan daripada jantan. Pleci montanus betina juga lebih mudah bertelur dan mengerami telur.

10. Umur

Pleci montanus jantan umumnya memiliki umur yang lebih pendek daripada betina. Pleci montanus jantan dapat hidup hingga 5 tahun, sedangkan betina dapat hidup hingga 7 tahun.