Perbedaan Jantan Betina Burung Pleci Malang

Perbedaan Jantan Betina Burung Pleci Malang

Burung pleci malang (Zosterops chloris) adalah burung pengicau kecil yang ditemukan di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Burung ini memiliki bulu berwarna hijau zaitun dengan garis-garis kuning di bagian sayap dan ekornya. Pleci malang jantan dan betina memiliki perbedaan fisik yang dapat digunakan untuk membedakannya.

1. Ukuran Tubuh

Pleci malang jantan umumnya lebih besar daripada pleci malang betina. Panjang tubuh pleci malang jantan dapat mencapai 11-12 cm, sedangkan panjang tubuh pleci malang betina hanya sekitar 10-11 cm.

2. Berat Badan

Pleci malang jantan juga lebih berat daripada pleci malang betina. Berat badan pleci malang jantan dapat mencapai 10-12 gram, sedangkan berat badan pleci malang betina hanya sekitar 8-10 gram.

3. Warna Bulu

Pleci malang jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan lebih kontras daripada pleci malang betina. Bulu pleci malang jantan berwarna hijau zaitun tua dengan garis-garis kuning yang lebih tebal dan lebih jelas. Sedangkan bulu pleci malang betina berwarna hijau zaitun muda dengan garis-garis kuning yang lebih tipis dan lebih samar.

4. Bentuk Kepala

Pleci malang jantan memiliki kepala yang lebih besar dan lebih bulat daripada pleci malang betina. Pleci malang jantan juga memiliki paruh yang lebih panjang dan lebih tebal daripada pleci malang betina.

5. Suara Kicauan

Pleci malang jantan memiliki suara kicauan yang lebih keras dan lebih merdu daripada pleci malang betina. Pleci malang jantan dapat berkicau dengan berbagai macam variasi, sedangkan pleci malang betina hanya dapat berkicau dengan beberapa variasi saja.

6. Perilaku

Pleci malang jantan umumnya lebih aktif dan lebih agresif daripada pleci malang betina. Pleci malang jantan sering terlihat berkelahi dengan pleci malang jantan lainnya, sedangkan pleci malang betina lebih cenderung menghindari konflik.

7. Reproduksi

Pleci malang jantan dan betina sama-sama memiliki peran dalam reproduksi. Pleci malang jantan bertanggung jawab untuk mencari makanan dan membangun sarang, sedangkan pleci malang betina bertanggung jawab untuk mengerami telur dan merawat anak-anaknya.

8. Harga

Pleci malang jantan umumnya lebih mahal daripada pleci malang betina. Harga pleci malang jantan dapat mencapai ratusan ribu rupiah, sedangkan harga pleci malang betina hanya sekitar puluhan ribu rupiah.

9. Pemeliharaan

Pleci malang jantan dan betina sama-sama mudah dipelihara. Burung ini dapat diberi makan dengan berbagai macam makanan, seperti voer, buah-buahan, dan serangga. Pleci malang juga tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.

10. Umur

Pleci malang jantan dan betina sama-sama memiliki umur yang panjang. Burung ini dapat hidup hingga 10-15 tahun di alam liar. Namun, pleci malang yang dipelihara di penangkaran biasanya memiliki umur yang lebih pendek, sekitar 5-7 tahun.