Perbedaan Burung Pleci Bustomi Jantan Dan Betina

Perbedaan Burung Pleci Bustomi Jantan dan Betina

Burung pleci bustomi (Pachycephala pectoralis) adalah salah satu jenis burung yang populer di kalangan pecinta burung kicau. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik. Namun, banyak orang yang kesulitan membedakan burung pleci bustomi jantan dan betina.

Ciri-ciri Burung Pleci Bustomi Jantan

  1. Warna Bulu

Burung pleci bustomi jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan mencolok dibandingkan burung pleci bustomi betina. Warna bulu burung pleci bustomi jantan didominasi oleh warna hitam, putih, dan kuning. Bagian kepala burung pleci bustomi jantan berwarna hitam dengan garis-garis putih di atas mata. Bagian dada burung pleci bustomi jantan berwarna kuning cerah. Bagian punggung burung pleci bustomi jantan berwarna hitam dengan garis-garis putih.

  1. Ukuran Tubuh

Burung pleci bustomi jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan burung pleci bustomi betina. Panjang tubuh burung pleci bustomi jantan sekitar 15-18 cm, sedangkan panjang tubuh burung pleci bustomi betina sekitar 13-16 cm.

  1. Bentuk Kepala

Burung pleci bustomi jantan memiliki bentuk kepala yang lebih besar dan lebih bulat dibandingkan burung pleci bustomi betina. Burung pleci bustomi jantan memiliki paruh yang lebih panjang dan lebih kuat dibandingkan burung pleci bustomi betina.

  1. Suara Kicauan

Burung pleci bustomi jantan memiliki suara kicauan yang lebih keras dan lebih merdu dibandingkan burung pleci bustomi betina. Burung pleci bustomi jantan dapat berkicau dengan berbagai macam variasi. Burung pleci bustomi betina hanya dapat berkicau dengan suara yang monoton.

Ciri-ciri Burung Pleci Bustomi Betina

  1. Warna Bulu

Burung pleci bustomi betina memiliki warna bulu yang lebih kusam dan kurang mencolok dibandingkan burung pleci bustomi jantan. Warna bulu burung pleci bustomi betina didominasi oleh warna coklat, hitam, dan putih. Bagian kepala burung pleci bustomi betina berwarna coklat dengan garis-garis hitam di atas mata. Bagian dada burung pleci bustomi betina berwarna coklat kekuningan. Bagian punggung burung pleci bustomi betina berwarna coklat tua dengan garis-garis hitam.

  1. Ukuran Tubuh

Burung pleci bustomi betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan burung pleci bustomi jantan. Panjang tubuh burung pleci bustomi betina sekitar 13-16 cm, sedangkan panjang tubuh burung pleci bustomi jantan sekitar 15-18 cm.

  1. Bentuk Kepala

Burung pleci bustomi betina memiliki bentuk kepala yang lebih kecil dan lebih lonjong dibandingkan burung pleci bustomi jantan. Burung pleci bustomi betina memiliki paruh yang lebih pendek dan lebih lemah dibandingkan burung pleci bustomi jantan.

  1. Suara Kicauan

Burung pleci bustomi betina memiliki suara kicauan yang lebih pelan dan lebih monoton dibandingkan burung pleci bustomi jantan. Burung pleci bustomi betina hanya dapat berkicau dengan suara yang terbatas. Burung pleci bustomi jantan dapat berkicau dengan berbagai macam variasi.

Tips Membedakan Burung Pleci Bustomi Jantan dan Betina

  1. Amati Warna Bulu

Amati warna bulu burung pleci bustomi dengan seksama. Burung pleci bustomi jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan mencolok dibandingkan burung pleci bustomi betina.

  1. Perhatikan Ukuran Tubuh

Perhatikan ukuran tubuh burung pleci bustomi dengan seksama. Burung pleci bustomi jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan burung pleci bustomi betina.

  1. Lihat Bentuk Kepala

Lihat bentuk kepala burung pleci bustomi dengan seksama. Burung pleci bustomi jantan memiliki bentuk kepala yang lebih besar dan lebih bulat dibandingkan burung pleci bustomi betina.

  1. Dengarkan Suara Kicauan

Dengarkan suara kicauan burung pleci bustomi dengan seksama. Burung pleci bustomi jantan memiliki suara kicauan yang lebih keras dan lebih merdu dibandingkan burung pleci bustomi betina.

  1. Perhatikan Perilaku

Perhatikan perilaku burung pleci bustomi dengan seksama. Burung pleci bustomi jantan lebih aktif dan lebih agresif dibandingkan burung pleci bustomi betina. Burung pleci bustomi jantan juga lebih sering berkicau dibandingkan burung pleci bustomi betina.