Ngalas Burung Pleci: Seni Menangkap Burung Liar Di Alam

Ngalas Burung Pleci: Seni Menangkap Burung Liar di Alam

Ngalas burung pleci merupakan salah satu tradisi turun-temurun yang masih lestari di beberapa daerah di Indonesia. Kegiatan ini melibatkan keterampilan dan pengetahuan khusus untuk menangkap burung pleci liar di alam. Burung pleci sendiri merupakan burung kicau yang dikenal dengan suaranya yang merdu dan indah, sehingga banyak orang yang menggemari dan memeliharanya.

Teknik Ngalas Burung Pleci

Ada beberapa teknik yang umum digunakan untuk ngalas burung pleci, antara lain:

  1. Mencari Lokasi yang Tepat

Langkah pertama dalam ngalas burung pleci adalah mencari lokasi yang tepat. Burung pleci biasanya ditemukan di hutan-hutan sekunder, perkebunan, atau pinggiran sungai. Setelah lokasi ditemukan, pemburu burung pleci akan membuat perangkap sederhana menggunakan jaring atau jerat.

  1. Membuat Umpan

Untuk menarik perhatian burung pleci, pemburu akan membuat umpan berupa suara burung pleci betina atau suara burung lainnya yang disukai oleh burung pleci. Umpan ini dapat berupa rekaman suara burung pleci yang diputar menggunakan pemutar musik atau suara burung pleci betina yang ditangkap sebelumnya.

  1. Menjebak Burung Pleci

Setelah umpan dibuat, pemburu burung pleci akan memasang perangkap di lokasi yang telah ditentukan. Perangkap ini biasanya berupa jaring atau jerat yang dipasang di atas pohon atau semak-semak. Ketika burung pleci tertarik dengan umpan dan hinggap di perangkap, pemburu akan menarik tali perangkap sehingga burung pleci terperangkap.

  1. Menjinakkan Burung Pleci

Setelah burung pleci berhasil ditangkap, pemburu akan membawanya pulang dan mulai menjinakkannya. Proses penjinakan ini biasanya memakan waktu beberapa hari atau bahkan beberapa minggu. Selama proses penjinakan, burung pleci akan diberi makan dan minum secara teratur, serta dilatih untuk bertengger di tangan pemiliknya.

Peralatan yang Digunakan untuk Ngalas Burung Pleci

Untuk ngalas burung pleci, pemburu biasanya menggunakan beberapa peralatan, antara lain:

  1. Jaring atau Jerat

Jaring atau jerat digunakan untuk menangkap burung pleci. Jaring biasanya terbuat dari bahan nilon atau polyester, sedangkan jerat biasanya terbuat dari bahan kawat atau tali.

  1. Pemutar Musik

Pemutar musik digunakan untuk memutar rekaman suara burung pleci betina atau suara burung lainnya yang disukai oleh burung pleci.

  1. Sangkar

Sangkar digunakan untuk membawa burung pleci yang telah ditangkap pulang ke rumah. Sangkar biasanya terbuat dari bahan bambu atau kayu.

  1. Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman digunakan untuk memberi makan dan minum burung pleci selama proses penjinakan. Makanan burung pleci biasanya berupa biji-bijian, buah-buahan, dan serangga.

Tips Ngalas Burung Pleci yang Efektif

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam ngalas burung pleci yang efektif:

  1. Pilih lokasi yang tepat. Burung pleci biasanya ditemukan di hutan-hutan sekunder, perkebunan, atau pinggiran sungai.
  2. Buat umpan yang menarik. Umpan yang menarik dapat berupa suara burung pleci betina atau suara burung lainnya yang disukai oleh burung pleci.
  3. Pasang perangkap dengan hati-hati. Perangkap harus dipasang dengan hati-hati agar tidak terlihat oleh burung pleci.
  4. Sabar dan tekun. Ngalas burung pleci membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Jangan menyerah jika Anda tidak berhasil menangkap burung pleci pada percobaan pertama.

Etika Ngalas Burung Pleci

Dalam ngalas burung pleci, ada beberapa etika yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Jangan menangkap burung pleci yang masih anakan. Burung pleci yang masih anakan belum memiliki kemampuan untuk bertahan hidup di alam liar.
  2. Jangan menangkap burung pleci yang sedang bertelur atau mengerami telur. Menangkap burung pleci yang sedang bertelur atau mengerami telur dapat mengganggu proses reproduksi burung pleci.
  3. Jangan menangkap burung pleci yang sedang sakit atau terluka. Menangkap burung pleci yang sedang sakit atau terluka dapat memperburuk kondisi burung pleci tersebut.
  4. Jangan menangkap burung pleci yang dilindungi. Beberapa jenis burung pleci dilindungi oleh undang-undang, sehingga tidak boleh ditangkap atau diperjualbelikan.

Kesimpulan

Ngalas burung pleci merupakan salah satu tradisi turun-temurun yang masih lestari di beberapa daerah di Indonesia. Kegiatan ini melibatkan keterampilan dan pengetahuan khusus untuk menangkap burung pleci liar di alam. Namun, dalam ngalas burung pleci, ada beberapa etika yang harus diperhatikan agar tidak mengganggu keseimbangan ekosistem dan populasi burung pleci di alam liar.