Pakan Burung Puter Agar Cepat Bertelur

Pakan Burung Puter Agar Cepat Bertelur

Burung puter merupakan salah satu jenis unggas yang banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Selain karena dagingnya yang lezat, burung puter juga dikenal sebagai penghasil telur yang baik. Namun, untuk mendapatkan telur yang banyak dan berkualitas, perlu diperhatikan pakan yang diberikan kepada burung puter.

Berikut ini adalah beberapa jenis pakan yang dapat diberikan kepada burung puter agar cepat bertelur:

1. Jagung

Jagung merupakan salah satu jenis pakan yang paling umum diberikan kepada burung puter. Jagung mengandung karbohidrat yang tinggi, yang merupakan sumber energi utama bagi burung puter. Selain itu, jagung juga mengandung protein, lemak, vitamin, dan mineral yang penting untuk kesehatan burung puter.

2. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kacang hijau, dan kacang kedelai, merupakan sumber protein yang baik untuk burung puter. Protein sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan burung puter, serta untuk produksi telur.

3. Biji-bijian

Biji-bijian, seperti biji bunga matahari, biji rami, dan biji chia, merupakan sumber lemak yang baik untuk burung puter. Lemak sangat penting untuk kesehatan kulit dan bulu burung puter, serta untuk produksi telur.

4. Sayuran

Sayuran, seperti kangkung, bayam, dan wortel, merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk burung puter. Vitamin dan mineral sangat penting untuk kesehatan burung puter, serta untuk produksi telur.

5. Buah-buahan

Buah-buahan, seperti apel, pisang, dan pepaya, merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk burung puter. Vitamin dan mineral sangat penting untuk kesehatan burung puter, serta untuk produksi telur.

6. Suplemen

Selain pakan utama, burung puter juga dapat diberikan suplemen untuk meningkatkan produksi telur. Suplemen yang dapat diberikan kepada burung puter antara lain kalsium, fosfor, dan vitamin D3.

7. Air

Air merupakan kebutuhan pokok bagi semua makhluk hidup, termasuk burung puter. Air sangat penting untuk menjaga kesehatan burung puter, serta untuk produksi telur. Pastikan burung puter selalu memiliki akses ke air bersih yang cukup.

8. Jadwal Makan

Jadwal makan yang teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan burung puter, serta untuk produksi telur. Berikan burung puter makan pada waktu yang sama setiap hari.

9. Kandang yang Bersih

Kandang yang bersih sangat penting untuk menjaga kesehatan burung puter, serta untuk produksi telur. Bersihkan kandang burung puter secara teratur, dan ganti alas kandang secara berkala.

10. Hindari Stres

Stres dapat menyebabkan burung puter berhenti bertelur. Oleh karena itu, hindari memberikan stres kepada burung puter. Jangan terlalu sering memegang burung puter, dan jangan membuat suara-suara keras di dekat kandang burung puter.

Dengan memberikan pakan yang tepat, jadwal makan yang teratur, kandang yang bersih, dan menghindari stres, burung puter dapat bertelur dengan cepat dan berkualitas.