Murai Batu Medan Ekor Lengkung: Pesona Burung Berkicau Yang Eksotis

Murai Batu Medan Ekor Lengkung: Pesona Burung Berkicau yang Eksotis

Murai batu medan ekor lengkung merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan penampilan yang eksotis, dengan ekornya yang panjang dan melengkung.

Asal Usul dan Persebaran

Murai batu medan ekor lengkung berasal dari wilayah Sumatera Utara, khususnya di sekitar Medan. Burung ini merupakan hasil persilangan antara murai batu medan dengan murai batu ekor panjang. Persilangan ini dilakukan untuk menghasilkan burung kicau dengan suara yang lebih merdu dan penampilan yang lebih menarik.

Murai batu medan ekor lengkung saat ini sudah menyebar ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri. Burung ini sangat diminati oleh para pecinta burung karena keindahan suaranya dan penampilannya yang unik.

Ciri-ciri Fisik

Murai batu medan ekor lengkung memiliki ciri-ciri fisik yang khas, antara lain:

  • Ukuran tubuh: Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 20-25 cm.
  • Warna bulu: Bulu murai batu medan ekor lengkung berwarna hitam legam, dengan sedikit warna putih di bagian dada dan perut.
  • Ekor: Ekor burung ini panjang dan melengkung, dengan panjang sekitar 10-15 cm.
  • Paruh: Paruh murai batu medan ekor lengkung berwarna hitam, dengan ujung yang runcing.
  • Kaki: Kaki burung ini berwarna hitam, dengan cakar yang tajam.

Suara Kicau

Murai batu medan ekor lengkung memiliki suara kicau yang sangat merdu dan bervariasi. Burung ini dapat menirukan berbagai macam suara burung lainnya, bahkan suara manusia. Kicauan murai batu medan ekor lengkung sangat nyaring dan lantang, sehingga dapat terdengar dari jarak yang cukup jauh.

Perawatan

Murai batu medan ekor lengkung merupakan burung yang cukup mudah dirawat. Burung ini dapat hidup di dalam sangkar atau di alam liar. Namun, jika Anda ingin memelihara murai batu medan ekor lengkung di dalam sangkar, Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Sangkar: Sangkar yang digunakan untuk memelihara murai batu medan ekor lengkung harus berukuran cukup besar, agar burung dapat bergerak dengan bebas.
  • Makanan: Makanan utama murai batu medan ekor lengkung adalah serangga, seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Anda juga dapat memberikan buah-buahan dan sayuran sebagai makanan tambahan.
  • Air minum: Air minum harus selalu tersedia di dalam sangkar murai batu medan ekor lengkung. Ganti air minum setiap hari agar tetap bersih dan segar.
  • Mandi: Murai batu medan ekor lengkung harus dimandikan secara teratur, sekitar 2-3 kali seminggu. Mandi dapat membantu menjaga kesehatan bulu burung dan membuatnya tetap bersih.
  • Jemur: Jemur murai batu medan ekor lengkung di bawah sinar matahari pagi selama sekitar 1-2 jam setiap hari. Sinar matahari dapat membantu burung untuk mendapatkan vitamin D dan menjaga kesehatan tulangnya.

Harga

Harga murai batu medan ekor lengkung bervariasi, tergantung pada kualitas burung dan daerah tempat tinggal. Namun, secara umum, harga burung ini berkisar antara Rp1 juta hingga Rp10 juta.

Kesimpulan

Murai batu medan ekor lengkung merupakan burung kicau yang sangat populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan penampilan yang eksotis, dengan ekornya yang panjang dan melengkung. Murai batu medan ekor lengkung cukup mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula maupun oleh pecinta burung yang sudah berpengalaman.