Murai Batu: Burung Eksotis Yang Dijual Dengan Harga Selangit

Murai Batu: Burung Eksotis yang Dijual dengan Harga Selangit

Murai batu (Copsychus malabaricus) adalah salah satu burung kicau yang paling populer di Indonesia. Burung ini dikenal karena suaranya yang merdu dan penampilannya yang cantik. Murai batu jantan memiliki bulu berwarna hitam dengan ekor yang panjang dan berumbai. Sedangkan murai batu betina memiliki bulu berwarna coklat dengan ekor yang lebih pendek.

Murai batu dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua. Burung ini biasanya hidup di hutan-hutan tropis dan subtropis. Murai batu merupakan burung pemakan serangga, buah-buahan, dan biji-bijian.

Dalam beberapa tahun terakhir, murai batu menjadi salah satu burung kicau yang paling dicari oleh para penggemar burung. Hal ini menyebabkan harga murai batu melambung tinggi. Seekor murai batu jantan yang berkualitas baik dapat dijual dengan harga hingga ratusan juta rupiah.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Murai Batu

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga murai batu, antara lain:

  • Jenis kelamin: Murai batu jantan biasanya lebih mahal daripada murai batu betina. Hal ini karena murai batu jantan memiliki suara yang lebih merdu dan penampilan yang lebih cantik.
  • Usia: Murai batu yang lebih tua biasanya lebih mahal daripada murai batu yang lebih muda. Hal ini karena murai batu yang lebih tua memiliki pengalaman yang lebih banyak dalam berkicau.
  • Kualitas suara: Murai batu dengan suara yang lebih merdu biasanya lebih mahal daripada murai batu dengan suara yang kurang merdu.
  • Penampilan: Murai batu dengan penampilan yang lebih cantik biasanya lebih mahal daripada murai batu dengan penampilan yang kurang cantik.
  • Kesehatan: Murai batu yang sehat biasanya lebih mahal daripada murai batu yang sakit.

Cara Memilih Murai Batu yang Baik

Jika Anda ingin membeli murai batu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

  • Jenis kelamin: Pastikan Anda memilih murai batu jantan jika Anda menginginkan burung yang memiliki suara yang merdu dan penampilan yang cantik.
  • Usia: Pilihlah murai batu yang lebih tua jika Anda menginginkan burung yang memiliki pengalaman yang lebih banyak dalam berkicau.
  • Kualitas suara: Dengarkan suara murai batu sebelum Anda membelinya. Pastikan Anda memilih murai batu dengan suara yang merdu dan tidak serak.
  • Penampilan: Perhatikan penampilan murai batu sebelum Anda membelinya. Pastikan Anda memilih murai batu dengan bulu yang bersih dan tidak kusam.
  • Kesehatan: Pastikan Anda memilih murai batu yang sehat. Anda dapat melihat kesehatan murai batu dari matanya, bulunya, dan kotorannya.

Perawatan Murai Batu

Murai batu merupakan burung yang mudah dirawat. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar murai batu Anda tetap sehat dan berumur panjang, antara lain:

  • Berikan makanan yang berkualitas baik: Murai batu membutuhkan makanan yang kaya protein, seperti jangkrik, ulat hongkong, dan kroto. Anda juga dapat memberikan murai batu buah-buahan dan biji-bijian.
  • Berikan air minum yang bersih: Pastikan murai batu Anda selalu memiliki akses ke air minum yang bersih. Ganti air minum murai batu Anda setiap hari.
  • Berikan tempat tinggal yang nyaman: Murai batu membutuhkan tempat tinggal yang nyaman dan aman. Anda dapat menyediakan sangkar yang cukup besar untuk murai batu Anda. Pastikan sangkar murai batu Anda selalu bersih dan tidak lembab.
  • Mandikan murai batu secara teratur: Mandikan murai batu Anda seminggu sekali. Hal ini akan membantu menjaga kebersihan murai batu Anda dan mencegahnya dari penyakit.
  • Berikan murai batu waktu untuk berjemur: Murai batu membutuhkan waktu untuk berjemur agar tetap sehat. Anda dapat membiarkan murai batu Anda berjemur di bawah sinar matahari pagi selama 1-2 jam setiap hari.

Dengan perawatan yang tepat, murai batu Anda dapat hidup hingga 10-15 tahun.