Merpati Hijau: Burung Yang Menawan Dan Penuh Pesona

Merpati Hijau: Burung yang Menawan dan Penuh Pesona

Merpati hijau (Treron vernans) adalah burung yang termasuk dalam famili Columbidae. Burung ini tersebar luas di wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Merpati hijau dikenal dengan bulunya yang berwarna hijau cerah dan suaranya yang merdu.

Ciri-ciri Fisik Merpati Hijau

Merpati hijau memiliki tubuh yang ramping dan berukuran sedang. Panjang tubuhnya sekitar 25-30 cm, dengan berat sekitar 150-200 gram. Bulunya berwarna hijau cerah, dengan bagian bawah tubuh yang lebih pucat. Kepala merpati hijau berwarna abu-abu, dengan mahkota berwarna hijau tua. Paruhnya berwarna hitam, dan kakinya berwarna merah.

Habitat dan Makanan Merpati Hijau

Merpati hijau biasanya ditemukan di hutan hujan tropis dan subtropis. Mereka juga dapat ditemukan di perkebunan, taman, dan kebun. Makanan utama merpati hijau adalah buah-buahan, biji-bijian, dan serangga. Mereka juga memakan bunga dan daun-daunan.

Perilaku dan Reproduksi Merpati Hijau

Merpati hijau adalah burung yang sosial dan hidup berkelompok. Mereka biasanya ditemukan dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5-10 ekor burung. Merpati hijau adalah burung yang monogami, artinya mereka hanya memiliki satu pasangan seumur hidup. Mereka membangun sarang di pohon atau semak-semak, dan biasanya bertelur sebanyak 2-3 butir. Telur-telur tersebut dierami oleh kedua induknya selama sekitar 14 hari.

Status Konservasi Merpati Hijau

Merpati hijau saat ini berstatus konservasi Least Concern (LC) oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Namun, populasi merpati hijau di beberapa daerah mulai menurun karena hilangnya habitat dan perburuan.

Merpati Hijau dalam Budaya

Merpati hijau merupakan burung yang populer dalam budaya. Dalam beberapa budaya, merpati hijau dianggap sebagai simbol cinta dan kesetiaan. Di Indonesia, merpati hijau sering digunakan sebagai burung hias.

Kesimpulan

Merpati hijau adalah burung yang cantik dan menawan. Mereka memiliki bulu yang berwarna hijau cerah dan suara yang merdu. Merpati hijau hidup di hutan hujan tropis dan subtropis, dan memakan buah-buahan, biji-bijian, dan serangga. Merpati hijau adalah burung yang sosial dan hidup berkelompok. Mereka monogami dan membangun sarang di pohon atau semak-semak. Merpati hijau saat ini berstatus konservasi Least Concern (LC), tetapi populasi mereka di beberapa daerah mulai menurun. Merpati hijau merupakan burung yang populer dalam budaya, dan sering digunakan sebagai burung hias.