Makanan Burung Pleci Agar Suaranya Keras

Makanan Burung Pleci Agar Suaranya Keras

Burung pleci merupakan salah satu burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini dikenal dengan suaranya yang merdu dan lantang. Untuk menjaga kualitas suara burung pleci, pemilik harus memberikan makanan yang tepat.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat diberikan kepada burung pleci agar suaranya keras. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Voer

Voer merupakan makanan pokok untuk burung pleci. Voer dapat dibeli di toko-toko burung. Pilih voer yang berkualitas baik dan mengandung nutrisi yang lengkap.

  • Biji-bijian

Biji-bijian juga dapat diberikan kepada burung pleci. Beberapa jenis biji-bijian yang baik untuk burung pleci antara lain biji sawi, biji kenari, dan biji millet.

  • Buah-buahan

Buah-buahan juga merupakan makanan yang baik untuk burung pleci. Beberapa jenis buah-buahan yang baik untuk burung pleci antara lain apel, pisang, dan pepaya.

  • Sayuran

Sayuran juga dapat diberikan kepada burung pleci. Beberapa jenis sayuran yang baik untuk burung pleci antara lain kangkung, bayam, dan wortel.

  • Serangga

Serangga juga merupakan makanan yang baik untuk burung pleci. Beberapa jenis serangga yang baik untuk burung pleci antara lain jangkrik, ulat hongkong, dan kroto.

Selain memberikan makanan yang tepat, pemilik burung pleci juga harus memperhatikan beberapa hal berikut:

  • Kebersihan kandang

Kandang burung pleci harus selalu dijaga kebersihannya. Kandang yang kotor dapat membuat burung pleci stres dan tidak mau berkicau.

  • Pencahayaan

Burung pleci membutuhkan cahaya matahari yang cukup untuk menjaga kesehatannya. Pastikan kandang burung pleci ditempatkan di tempat yang terkena cahaya matahari langsung.

  • Suhu ruangan

Suhu ruangan yang ideal untuk burung pleci adalah antara 20-25 derajat Celcius. Jika suhu ruangan terlalu panas atau terlalu dingin, burung pleci akan merasa tidak nyaman dan tidak mau berkicau.

  • Keamanan

Kandang burung pleci harus ditempatkan di tempat yang aman dari jangkauan hewan peliharaan lainnya. Hewan peliharaan lainnya dapat membuat burung pleci stres dan tidak mau berkicau.

Dengan memberikan makanan yang tepat dan memperhatikan beberapa hal di atas, pemilik burung pleci dapat menjaga kualitas suara burung peliharaannya.