Jenis-Jenis Burung Pleci Lokal Di Indonesia

Jenis-Jenis Burung Pleci Lokal di Indonesia

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang cantik, sehingga banyak orang yang memeliharanya sebagai burung hias. Di Indonesia, terdapat beberapa jenis burung pleci lokal yang dapat ditemukan, antara lain:

1. Pleci Jawa (Zosterops flavus)

Pleci Jawa merupakan salah satu jenis burung pleci yang paling umum ditemukan di Indonesia. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Jawa memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

2. Pleci Sumatera (Zosterops sumatranus)

Pleci Sumatera merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Sumatera. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Sumatera memiliki suara yang lebih keras daripada Pleci Jawa dan sering berkicau di siang hari.

3. Pleci Kalimantan (Zosterops borneensis)

Pleci Kalimantan merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Kalimantan. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Kalimantan memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

4. Pleci Sulawesi (Zosterops chloris)

Pleci Sulawesi merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Sulawesi. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Sulawesi memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

5. Pleci Maluku (Zosterops minor)

Pleci Maluku merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Maluku. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Maluku memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

6. Pleci Papua (Zosterops novaeguineae)

Pleci Papua merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Papua. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Papua memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

7. Pleci Timor (Zosterops citrinella)

Pleci Timor merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Timor. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Timor memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

8. Pleci Rote (Zosterops rotensis)

Pleci Rote merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Rote. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Rote memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

9. Pleci Sabu (Zosterops samarensis)

Pleci Sabu merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Sabu. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Sabu memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

10. Pleci Alor (Zosterops alorensis)

Pleci Alor merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Alor. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Alor memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

11. Pleci Flores (Zosterops floris)

Pleci Flores merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Flores. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Flores memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

12. Pleci Sumba (Zosterops sumbensis)

Pleci Sumba merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di pulau Sumba. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Sumba memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

13. Pleci Timor Leste (Zosterops Timor Leste)

Pleci Timor Leste merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di negara Timor Leste. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Timor Leste memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

14. Pleci Australia (Zosterops lateralis)

Pleci Australia merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di negara Australia. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Australia memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

15. Pleci Selandia Baru (Zosterops lateralis)

Pleci Selandia Baru merupakan jenis burung pleci yang ditemukan di negara Selandia Baru. Burung ini memiliki tubuh berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah berwarna kuning. Pleci Selandia Baru memiliki suara yang merdu dan sering berkicau di pagi dan sore hari.

Demikianlah beberapa jenis burung pleci lokal yang dapat ditemukan di Indonesia. Burung-burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang cantik, sehingga banyak orang yang memeliharanya sebagai burung hias.