Jenis-jenis Burung Pleci Yang Populer Di Indonesia

Jenis-jenis Burung Pleci yang Populer di Indonesia

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini dikenal dengan suaranya yang merdu dan penampilannya yang cantik. Pleci memiliki berbagai macam jenis, dan masing-masing jenis memiliki ciri khas tersendiri.

Berikut ini adalah beberapa jenis burung pleci yang populer di Indonesia:

1. Pleci Jawa (Zosterops flavus)

Pleci Jawa merupakan jenis pleci yang paling umum ditemukan di Indonesia. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 11-13 cm. Pleci Jawa memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki paruh yang pendek dan kuat, serta mata yang berwarna hitam.

Pleci Jawa merupakan burung yang sangat aktif dan lincah. Burung ini senang bernyanyi, dan suaranya sangat merdu. Pleci Jawa juga merupakan burung yang sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.

2. Pleci Sumba (Zosterops chloris)

Pleci Sumba merupakan jenis pleci yang berasal dari Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada pleci Jawa, dengan panjang sekitar 14-16 cm. Pleci Sumba memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki paruh yang panjang dan kuat, serta mata yang berwarna hitam.

Pleci Sumba merupakan burung yang sangat aktif dan lincah. Burung ini senang bernyanyi, dan suaranya sangat merdu. Pleci Sumba juga merupakan burung yang sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.

3. Pleci Flores (Zosterops luteus)

Pleci Flores merupakan jenis pleci yang berasal dari Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada pleci Jawa, dengan panjang sekitar 10-12 cm. Pleci Flores memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki paruh yang pendek dan kuat, serta mata yang berwarna hitam.

Pleci Flores merupakan burung yang sangat aktif dan lincah. Burung ini senang bernyanyi, dan suaranya sangat merdu. Pleci Flores juga merupakan burung yang sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.

4. Pleci Timor (Zosterops consobrinus)

Pleci Timor merupakan jenis pleci yang berasal dari Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada pleci Jawa, dengan panjang sekitar 10-12 cm. Pleci Timor memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki paruh yang pendek dan kuat, serta mata yang berwarna hitam.

Pleci Timor merupakan burung yang sangat aktif dan lincah. Burung ini senang bernyanyi, dan suaranya sangat merdu. Pleci Timor juga merupakan burung yang sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.

5. Pleci Rote (Zosterops rotensis)

Pleci Rote merupakan jenis pleci yang berasal dari Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada pleci Jawa, dengan panjang sekitar 10-12 cm. Pleci Rote memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki paruh yang pendek dan kuat, serta mata yang berwarna hitam.

Pleci Rote merupakan burung yang sangat aktif dan lincah. Burung ini senang bernyanyi, dan suaranya sangat merdu. Pleci Rote juga merupakan burung yang sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.

6. Pleci Alis Putih (Zosterops superciliosus)

Pleci Alis Putih merupakan jenis pleci yang berasal dari Asia Tenggara. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada pleci Jawa, dengan panjang sekitar 14-16 cm. Pleci Alis Putih memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki paruh yang panjang dan kuat, serta mata yang berwarna hitam.

Pleci Alis Putih merupakan burung yang sangat aktif dan lincah. Burung ini senang bernyanyi, dan suaranya sangat merdu. Pleci Alis Putih juga merupakan burung yang sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.

7. Pleci Mata Merah (Zosterops erythropleurus)

Pleci Mata Merah merupakan jenis pleci yang berasal dari Asia Tenggara. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada pleci Jawa, dengan panjang sekitar 14-16 cm. Pleci Mata Merah memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki paruh yang panjang dan kuat, serta mata yang berwarna merah.

Pleci Mata Merah merupakan burung yang sangat aktif dan lincah. Burung ini senang bernyanyi, dan suaranya sangat merdu. Pleci Mata Merah juga merupakan burung yang sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.

8. Pleci Dada Hitam (Zosterops atricapilla)

Pleci Dada Hitam merupakan jenis pleci yang berasal dari Asia Tenggara. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada pleci Jawa, dengan panjang sekitar 14-16 cm. Pleci Dada Hitam memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki paruh yang panjang dan kuat, serta mata yang berwarna hitam.

Pleci Dada Hitam merupakan burung yang sangat aktif dan lincah. Burung ini senang bernyanyi, dan suaranya sangat merdu. Pleci Dada Hitam juga merupakan burung yang sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.

9. Pleci Ekor Panjang (Zosterops longicaudus)

Pleci Ekor Panjang merupakan jenis pleci yang berasal dari Asia Tenggara. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada pleci Jawa, dengan panjang sekitar 14-16 cm. Pleci Ekor Panjang memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki paruh yang panjang dan kuat, serta mata yang berwarna hitam.

Pleci Ekor Panjang merupakan burung yang sangat aktif dan lincah. Burung ini senang bernyanyi, dan suaranya sangat merdu. Pleci Ekor Panjang juga merupakan burung yang sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.

10. Pleci Kepala Hitam (Zosterops melanocephalus)

Pleci Kepala Hitam merupakan jenis pleci yang berasal dari Asia Tenggara. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada pleci Jawa, dengan panjang sekitar 14-16 cm. Pleci Kepala Hitam memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki paruh yang panjang dan kuat, serta mata yang berwarna hitam.

Pleci Kepala Hitam merupakan burung yang sangat aktif dan lincah. Burung ini senang bernyanyi, dan suaranya sangat merdu. Pleci Kepala Hitam juga merupakan burung yang sangat mudah dirawat, sehingga cocok untuk dipelihara oleh pemula.