Jenis Burung Pleci Paling Murah Dan Mudah Dirawat

Jenis Burung Pleci Paling Murah dan Mudah Dirawat

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan bervariasi, sehingga banyak orang yang menyukainya. Selain itu, burung pleci juga tergolong mudah dirawat, sehingga cocok untuk pemula.

Jika Anda tertarik untuk memelihara burung pleci, ada beberapa jenis burung pleci yang bisa Anda pilih. Beberapa jenis burung pleci yang paling murah dan mudah dirawat antara lain:

1. Pleci Dakun

Pleci dakun merupakan jenis burung pleci yang paling murah dan mudah dirawat. Burung ini memiliki warna bulu coklat tua dengan garis-garis hitam di bagian punggungnya. Pleci dakun memiliki suara kicau yang cukup merdu, meskipun tidak sevariatif jenis burung pleci lainnya.

2. Pleci Jawa

Pleci jawa merupakan jenis burung pleci yang cukup populer di Indonesia. Burung ini memiliki warna bulu coklat tua dengan garis-garis hitam di bagian punggungnya. Pleci jawa memiliki suara kicau yang cukup merdu dan bervariasi, sehingga banyak orang yang menyukainya.

3. Pleci Sumba

Pleci sumba merupakan jenis burung pleci yang berasal dari Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Burung ini memiliki warna bulu coklat tua dengan garis-garis hitam di bagian punggungnya. Pleci sumba memiliki suara kicau yang cukup merdu dan bervariasi, sehingga banyak orang yang menyukainya.

4. Pleci Flores

Pleci flores merupakan jenis burung pleci yang berasal dari Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Burung ini memiliki warna bulu coklat tua dengan garis-garis hitam di bagian punggungnya. Pleci flores memiliki suara kicau yang cukup merdu dan bervariasi, sehingga banyak orang yang menyukainya.

5. Pleci Timor

Pleci timor merupakan jenis burung pleci yang berasal dari Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur. Burung ini memiliki warna bulu coklat tua dengan garis-garis hitam di bagian punggungnya. Pleci timor memiliki suara kicau yang cukup merdu dan bervariasi, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Perawatan Burung Pleci

Merawat burung pleci tidaklah sulit. Anda hanya perlu menyediakan kandang yang cukup luas, makanan yang bergizi, dan air minum yang bersih. Selain itu, Anda juga perlu memandikan burung pleci secara teratur dan membersihkan kandangnya setiap hari.

Makanan Burung Pleci

Burung pleci dapat diberi makan voer, biji-bijian, dan buah-buahan. Anda dapat memberikan voer khusus untuk burung pleci yang dijual di toko-toko burung. Selain itu, Anda juga dapat memberikan biji-bijian seperti biji sawi, biji kenari, dan biji millet. Buah-buahan yang dapat diberikan kepada burung pleci antara lain apel, pisang, dan pepaya.

Air Minum Burung Pleci

Air minum burung pleci harus selalu bersih dan segar. Anda dapat mengganti air minum burung pleci setiap hari. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan vitamin dan mineral ke dalam air minum burung pleci agar burung pleci tetap sehat.

Mandi Burung Pleci

Burung pleci perlu dimandikan secara teratur agar tetap bersih dan sehat. Anda dapat memandikan burung pleci seminggu sekali. Untuk memandikan burung pleci, Anda dapat menggunakan air hangat dan sabun khusus untuk burung. Setelah dimandikan, keringkan bulu burung pleci dengan handuk bersih.

Pembersihan Kandang Burung Pleci

Kandang burung pleci harus dibersihkan setiap hari agar tetap bersih dan sehat. Anda dapat membersihkan kandang burung pleci dengan menggunakan air dan sabun. Setelah dibersihkan, keringkan kandang burung pleci dengan kain bersih.

Tips Merawat Burung Pleci Agar Cepat Gacor

Jika Anda ingin burung pleci Anda cepat gacor, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, antara lain:

  • Berikan makanan yang bergizi dan air minum yang bersih.
  • Mandikan burung pleci secara teratur.
  • Bersihkan kandang burung pleci setiap hari.
  • Jemur burung pleci di bawah sinar matahari pagi selama 1-2 jam setiap hari.
  • Berikan burung pleci suara-suara kicauan burung lain agar burung pleci terpancing untuk berkicau.
  • Jangan terlalu sering memegang burung pleci agar burung pleci tidak stres.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membuat burung pleci Anda cepat gacor dan memiliki suara kicau yang merdu.