Burung Pleci Flavus: Si Mungil Bersuara Merdu

Burung Pleci Flavus: Si Mungil Bersuara Merdu

Burung pleci flavus (Pachycephala flavifrons) adalah salah satu jenis burung pleci yang paling populer di kalangan kicau mania. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya.

Ciri-ciri Burung Pleci Flavus

Burung pleci flavus memiliki tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 15-18 cm. Bulunya berwarna hijau zaitun di bagian atas dan kuning cerah di bagian bawah. Kepala burung ini berwarna hitam dengan garis-garis kuning di atas mata. Paruhnya berwarna hitam dan kakinya berwarna abu-abu.

Habitat Burung Pleci Flavus

Burung pleci flavus dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari hutan hujan tropis hingga hutan sekunder. Burung ini juga dapat ditemukan di perkebunan, taman, dan bahkan di pekarangan rumah.

Makanan Burung Pleci Flavus

Burung pleci flavus memakan berbagai jenis serangga, seperti jangkrik, ulat, dan semut. Burung ini juga memakan buah-buahan dan biji-bijian.

Perilaku Burung Pleci Flavus

Burung pleci flavus adalah burung yang aktif dan suka bergerak. Burung ini sering terlihat terbang dari satu pohon ke pohon lainnya. Burung ini juga suka bernyanyi, terutama pada saat pagi dan sore hari.

Reproduksi Burung Pleci Flavus

Burung pleci flavus berkembang biak dengan cara bertelur. Burung ini biasanya membangun sarang di pohon atau semak-semak. Setiap sarang berisi 2-4 butir telur. Telur-telur tersebut dierami oleh induk betina selama sekitar 12 hari. Setelah menetas, anak burung pleci flavus akan dirawat oleh kedua induknya hingga mereka dapat terbang dan mencari makan sendiri.

Pemeliharaan Burung Pleci Flavus

Burung pleci flavus dapat dipelihara di dalam sangkar atau di kandang aviary. Sangkar untuk burung pleci flavus harus berukuran cukup besar, agar burung dapat bergerak dengan bebas. Kandang aviary untuk burung pleci flavus harus dilengkapi dengan pohon atau semak-semak, agar burung dapat bertengger dan bernyanyi.

Burung pleci flavus harus diberi makan berupa serangga, buah-buahan, dan biji-bijian. Burung ini juga harus diberi air minum yang bersih dan segar.

Harga Burung Pleci Flavus

Harga burung pleci flavus bervariasi, tergantung pada kualitas burung dan jenis kelaminnya. Burung pleci flavus jantan biasanya lebih mahal daripada burung pleci flavus betina. Harga burung pleci flavus berkisar antara Rp100.000 hingga Rp1.000.000.

Manfaat Memelihara Burung Pleci Flavus

Memelihara burung pleci flavus dapat memberikan banyak manfaat, antara lain:

  • Menyejukkan suasana rumah dengan suara kicauannya yang merdu.
  • Membantu mengendalikan hama serangga di sekitar rumah.
  • Menjadi teman bermain yang menyenangkan bagi anak-anak.
  • Meningkatkan nilai estetika rumah.

Kesimpulan

Burung pleci flavus adalah burung yang cantik dan memiliki suara yang merdu. Burung ini sangat cocok untuk dipelihara di dalam sangkar atau di kandang aviary. Memelihara burung pleci flavus dapat memberikan banyak manfaat, antara lain menyejukkan suasana rumah, membantu mengendalikan hama serangga, menjadi teman bermain yang menyenangkan bagi anak-anak, dan meningkatkan nilai estetika rumah.