Jenis Burung Pleci Dan Daerah Asal

Jenis Burung Pleci dan Daerah Asal

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara yang merdu dan bervariasi, serta penampilan yang menarik. Pleci dapat ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, dengan masing-masing daerah memiliki jenis pleci yang khas.

1. Pleci Jawa (Zosterops palpebrosus)

Pleci Jawa merupakan jenis pleci yang paling umum ditemukan di Indonesia. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 11-13 cm. Pleci Jawa memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki lingkaran putih di sekitar matanya, yang menjadi ciri khasnya.

Pleci Jawa dapat ditemukan di berbagai daerah di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Burung ini biasanya hidup di hutan-hutan sekunder, kebun-kebun, dan taman-taman. Pleci Jawa merupakan burung yang aktif dan lincah, dan sering terlihat terbang dari pohon ke pohon sambil berkicau.

2. Pleci Sumatera (Zosterops atricapilla)

Pleci Sumatera merupakan jenis pleci yang ditemukan di pulau Sumatera. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dari Pleci Jawa, dengan panjang sekitar 13-15 cm. Pleci Sumatera memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki topi hitam di kepalanya, yang menjadi ciri khasnya.

Pleci Sumatera dapat ditemukan di berbagai daerah di Sumatera, terutama di hutan-hutan hujan tropis. Burung ini merupakan burung yang aktif dan lincah, dan sering terlihat terbang dari pohon ke pohon sambil berkicau.

3. Pleci Kalimantan (Zosterops borneensis)

Pleci Kalimantan merupakan jenis pleci yang ditemukan di pulau Kalimantan. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih kecil dari Pleci Jawa, dengan panjang sekitar 10-12 cm. Pleci Kalimantan memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki garis hitam di sekitar matanya, yang menjadi ciri khasnya.

Pleci Kalimantan dapat ditemukan di berbagai daerah di Kalimantan, terutama di hutan-hutan hujan tropis. Burung ini merupakan burung yang aktif dan lincah, dan sering terlihat terbang dari pohon ke pohon sambil berkicau.

4. Pleci Sulawesi (Zosterops chloris)

Pleci Sulawesi merupakan jenis pleci yang ditemukan di pulau Sulawesi. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dari Pleci Jawa, dengan panjang sekitar 13-15 cm. Pleci Sulawesi memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki garis putih di atas matanya, yang menjadi ciri khasnya.

Pleci Sulawesi dapat ditemukan di berbagai daerah di Sulawesi, terutama di hutan-hutan hujan tropis. Burung ini merupakan burung yang aktif dan lincah, dan sering terlihat terbang dari pohon ke pohon sambil berkicau.

5. Pleci Maluku (Zosterops minor)

Pleci Maluku merupakan jenis pleci yang ditemukan di pulau-pulau Maluku. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih kecil dari Pleci Jawa, dengan panjang sekitar 10-12 cm. Pleci Maluku memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki garis hitam di sekitar matanya, yang menjadi ciri khasnya.

Pleci Maluku dapat ditemukan di berbagai daerah di Maluku, terutama di hutan-hutan hujan tropis. Burung ini merupakan burung yang aktif dan lincah, dan sering terlihat terbang dari pohon ke pohon sambil berkicau.

6. Pleci Papua (Zosterops novaeguineae)

Pleci Papua merupakan jenis pleci yang ditemukan di pulau Papua. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sedikit lebih besar dari Pleci Jawa, dengan panjang sekitar 13-15 cm. Pleci Papua memiliki warna bulu hijau zaitun di bagian atas tubuhnya, dan kuning cerah di bagian bawah tubuhnya. Burung ini memiliki garis putih di atas matanya, yang menjadi ciri khasnya.

Pleci Papua dapat ditemukan di berbagai daerah di Papua, terutama di hutan-hutan hujan tropis. Burung ini merupakan burung yang aktif dan lincah, dan sering terlihat terbang dari pohon ke pohon sambil berkicau.