Pleci Dakun: Si Burung Kecil Yang Menawan Dengan Suara Merdu

Pleci Dakun: Si Burung Kecil yang Menawan dengan Suara Merdu

Pleci dakun (Pachycephala cinerea) adalah salah satu jenis burung pleci yang cukup populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 15-18 cm. Bulunya berwarna hitam keabu-abuan, dengan bercak-bercak putih di bagian sayap dan ekornya. Pleci dakun memiliki paruh yang pendek dan kuat, serta kaki yang ramping dan berwarna hitam.

Habitat dan Persebaran

Pleci dakun dapat ditemukan di berbagai wilayah di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Burung ini biasanya hidup di hutan-hutan sekunder, kebun-kebun, dan taman-taman. Pleci dakun juga dapat ditemukan di daerah perkotaan, terutama di taman-taman kota dan halaman rumah.

Perilaku dan Makanan

Pleci dakun adalah burung yang aktif dan lincah. Burung ini suka bertengger di dahan-dahan pohon, dan sering terlihat terbang dari satu pohon ke pohon lainnya. Pleci dakun memakan berbagai jenis serangga, seperti semut, lalat, dan kumbang. Burung ini juga memakan buah-buahan dan biji-bijian.

Suara Merdu dan Kemampuan Meniru

Pleci dakun dikenal memiliki suara yang merdu dan nyaring. Burung ini sering berkicau di pagi dan sore hari. Kicauan pleci dakun sangat bervariasi, mulai dari kicauan yang lembut hingga kicauan yang keras dan bernada tinggi. Pleci dakun juga memiliki kemampuan meniru suara burung lain, sehingga burung ini sering digunakan sebagai burung master untuk melatih burung kicau lainnya.

Penangkaran dan Perawatan

Pleci dakun dapat dipelihara di dalam sangkar. Namun, burung ini membutuhkan perawatan yang khusus agar tetap sehat dan berumur panjang. Pleci dakun harus diberi makan makanan yang bergizi, seperti serangga, buah-buahan, dan biji-bijian. Burung ini juga harus diberi air minum yang bersih dan segar setiap hari. Sangkar pleci dakun harus dibersihkan secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung.

Jenis-jenis Pleci Dakun

Ada beberapa jenis pleci dakun yang dikenal, antara lain:

  • Pleci dakun Jawa (Pachycephala cinerea javanica): Jenis ini ditemukan di Pulau Jawa dan Bali. Pleci dakun Jawa memiliki bulu berwarna hitam keabu-abuan, dengan bercak-bercak putih di bagian sayap dan ekornya.
  • Pleci dakun Sumatra (Pachycephala cinerea sumatrana): Jenis ini ditemukan di Pulau Sumatra. Pleci dakun Sumatra memiliki bulu berwarna hitam keabu-abuan, dengan bercak-bercak putih di bagian sayap dan ekornya.
  • Pleci dakun Kalimantan (Pachycephala cinerea borneensis): Jenis ini ditemukan di Pulau Kalimantan. Pleci dakun Kalimantan memiliki bulu berwarna hitam keabu-abuan, dengan bercak-bercak putih di bagian sayap dan ekornya.
  • Pleci dakun Sulawesi (Pachycephala cinerea celebensis): Jenis ini ditemukan di Pulau Sulawesi. Pleci dakun Sulawesi memiliki bulu berwarna hitam keabu-abuan, dengan bercak-bercak putih di bagian sayap dan ekornya.

Pelestarian

Pleci dakun termasuk burung yang dilindungi oleh undang-undang. Burung ini tidak boleh ditangkap atau diperdagangkan secara ilegal. Populasi pleci dakun di alam liar semakin menurun akibat perburuan dan kerusakan habitat. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pelestarian untuk menjaga kelestarian burung ini.

Kesimpulan

Pleci dakun adalah burung kecil yang menawan dengan suara merdu dan kemampuan meniru yang luar biasa. Burung ini dapat dipelihara di dalam sangkar, tetapi membutuhkan perawatan yang khusus agar tetap sehat dan berumur panjang. Pleci dakun termasuk burung yang dilindungi oleh undang-undang, sehingga tidak boleh ditangkap atau diperdagangkan secara ilegal.