Burung Pleci Bustomi: Si Kecil Ceria Yang Menawan

Burung Pleci Bustomi: Si Kecil Ceria yang Menawan

Di dunia burung kicau, nama pleci bustomi mungkin masih terdengar asing bagi sebagian orang. Namun, bagi para penggemar burung kicau sejati, burung mungil ini memiliki daya tarik tersendiri. Dengan suara kicauannya yang merdu dan penampilannya yang menawan, pleci bustomi menjadi salah satu burung kicau yang banyak diburu.

Asal-Usul Burung Pleci Bustomi

Burung pleci bustomi merupakan salah satu jenis burung pleci yang berasal dari daerah Jawa Timur, Indonesia. Burung ini pertama kali ditemukan di daerah Bustomi, Kabupaten Banyuwangi. Oleh karena itu, burung ini dikenal dengan nama pleci bustomi.

Ciri-Ciri Burung Pleci Bustomi

Burung pleci bustomi memiliki ciri-ciri fisik yang khas. Burung ini berukuran kecil, dengan panjang tubuh sekitar 12-15 cm. Bulu-bulunya berwarna hijau zaitun dengan garis-garis hitam di bagian punggungnya. Bagian dada dan perutnya berwarna kuning cerah, dengan garis-garis hitam di bagian sampingnya.

Ciri khas lainnya dari burung pleci bustomi adalah jambulnya yang panjang dan melengkung ke belakang. Jambul ini berwarna hitam dengan ujung berwarna kuning. Ketika burung ini berkicau, jambulnya akan berdiri tegak dan terlihat sangat menawan.

Habitat dan Makanan Burung Pleci Bustomi

Burung pleci bustomi biasanya hidup di hutan-hutan tropis dan subtropis. Burung ini memakan berbagai macam serangga kecil, seperti semut, lalat, dan ulat. Selain itu, burung pleci bustomi juga memakan buah-buahan dan biji-bijian.

Suara Kicauan Burung Pleci Bustomi

Suara kicauan burung pleci bustomi sangat merdu dan bervariasi. Burung ini dapat berkicau dengan nada-nada tinggi dan rendah, serta dengan berbagai macam variasi. Kicauan burung pleci bustomi sangat cocok untuk dinikmati di pagi hari atau sore hari.

Perawatan Burung Pleci Bustomi

Perawatan burung pleci bustomi tidak terlalu sulit. Burung ini dapat dipelihara dalam sangkar atau kandang aviary. Sangkar atau kandang aviary harus cukup luas agar burung dapat bergerak dengan bebas.

Makanan burung pleci bustomi harus terdiri dari berbagai macam serangga kecil, buah-buahan, dan biji-bijian. Makanan harus diberikan secara teratur, yaitu 2-3 kali sehari.

Selain makanan, burung pleci bustomi juga membutuhkan air minum yang bersih dan segar. Air minum harus diganti setiap hari agar tetap bersih dan tidak tercemar.

Penangkaran Burung Pleci Bustomi

Penangkaran burung pleci bustomi dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Burung ini dapat dikembangbiakkan dengan cara poligami, yaitu satu jantan dengan beberapa betina.

Proses penangkaran burung pleci bustomi dimulai dengan menyiapkan kandang penangkaran yang cukup luas. Kandang penangkaran harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, tempat minum, dan tempat bertelur.

Setelah kandang penangkaran siap, burung pleci jantan dan betina dimasukkan ke dalam kandang. Burung-burung ini akan kawin dan menghasilkan telur. Telur-telur tersebut kemudian dierami oleh burung betina selama sekitar 12-14 hari.

Setelah telur-telur menetas, anak-anak burung pleci bustomi akan dirawat oleh kedua induknya. Anak-anak burung ini akan belajar terbang dan berkicau dari kedua induknya.

Setelah beberapa bulan, anak-anak burung pleci bustomi akan tumbuh dewasa dan siap untuk dipisahkan dari kedua induknya. Burung-burung muda ini kemudian dapat dijual atau dipelihara sendiri.

Harga Burung Pleci Bustomi

Harga burung pleci bustomi bervariasi, tergantung pada kualitas burung tersebut. Burung pleci bustomi dengan kualitas yang baik dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Harga burung pleci bustomi yang masih anakan biasanya berkisar antara Rp100.000 hingga Rp200.000. Sedangkan harga burung pleci bustomi yang sudah dewasa dan memiliki kualitas yang baik dapat mencapai jutaan rupiah.

Kesimpulan

Burung pleci bustomi merupakan salah satu burung kicau yang sangat menarik untuk dipelihara. Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu, penampilan yang menawan, dan perawatan yang tidak terlalu sulit. Jika Anda tertarik untuk memelihara burung kicau, burung pleci bustomi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.