Jenis-jenis Burung Kenari Dan Kisaran Harganya

Jenis-jenis Burung Kenari dan Kisaran Harganya

Burung kenari (Serinus canaria) adalah salah satu jenis burung penyanyi yang populer dipelihara karena kicauannya yang merdu dan penampilannya yang menawan. Burung ini memiliki berbagai jenis dengan ciri khas dan harga yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis burung kenari yang umum dipelihara beserta kisaran harganya:

1. Kenari Norwich

Kenari Norwich merupakan jenis kenari yang berasal dari Inggris. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 11-13 cm. Ciri khasnya adalah bentuk tubuh yang bulat dengan bulu berwarna kuning kehijauan. Kenari Norwich dikenal dengan kicauannya yang merdu dan berirama, sehingga sering dijadikan burung kontes. Kisaran harga burung kenari Norwich berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000.

2. Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire juga berasal dari Inggris dan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari Kenari Norwich, yaitu sekitar 14-16 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna kuning keemasan dengan bentuk tubuh yang lebih ramping. Kenari Yorkshire dikenal dengan kicauannya yang keras dan nyaring, serta memiliki kemampuan belajar menirukan suara lainnya. Kisaran harga burung kenari Yorkshire berkisar antara Rp 700.000 hingga Rp 2.000.000.

3. Kenari Gloster

Kenari Gloster merupakan jenis kenari yang berasal dari Inggris dan memiliki ciri khas berupa jambul di kepalanya. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dengan panjang sekitar 10-12 cm. Kenari Gloster memiliki bulu berwarna kuning kehijauan dengan jambul berwarna putih atau kuning. Burung ini dikenal dengan kicauannya yang merdu dan memiliki kemampuan berkicau yang panjang. Kisaran harga burung kenari Gloster berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000.

4. Kenari Roller

Kenari Roller merupakan jenis kenari yang berasal dari Jerman dan dikenal dengan kicauannya yang unik. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang sekitar 13-15 cm. Kenari Roller memiliki bulu berwarna kuning kehijauan dengan ciri khas kicauan yang berirama dan berulang-ulang. Burung ini sering dijadikan burung kontes karena kicauannya yang merdu dan khas. Kisaran harga burung kenari Roller berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 4.000.000.

5. Kenari Harzer

Kenari Harzer merupakan jenis kenari yang berasal dari Jerman dan memiliki ukuran tubuh yang besar dengan panjang sekitar 16-18 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna kuning kehijauan dengan ciri khas kicauan yang keras dan nyaring. Kenari Harzer dikenal dengan kemampuan berkicaunya yang panjang dan berirama, sehingga sering dijadikan burung kontes. Kisaran harga burung kenari Harzer berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000.

6. Kenari Waterslager

Kenari Waterslager merupakan jenis kenari yang berasal dari Belanda dan memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang sekitar 14-16 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna kuning kehijauan dengan ciri khas kicauan yang merdu dan berirama. Kenari Waterslager dikenal dengan kemampuan berkicaunya yang panjang dan memiliki suara yang jernih. Kisaran harga burung kenari Waterslager berkisar antara Rp 1.800.000 hingga Rp 4.500.000.

7. Kenari Lizard

Kenari Lizard merupakan jenis kenari yang berasal dari Inggris dan memiliki ciri khas berupa bulu yang bermotif seperti sisik kadal. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang sekitar 13-15 cm. Kenari Lizard memiliki bulu berwarna kuning kehijauan dengan motif sisik berwarna hitam atau coklat. Burung ini dikenal dengan kicauannya yang merdu dan memiliki penampilan yang unik. Kisaran harga burung kenari Lizard berkisar antara Rp 1.200.000 hingga Rp 3.000.000.

8. Kenari Border

Kenari Border merupakan jenis kenari yang berasal dari Skotlandia dan memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang sekitar 14-16 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna kuning kehijauan dengan ciri khas berupa garis-garis hitam di sepanjang tubuhnya. Kenari Border dikenal dengan kicauannya yang merdu dan memiliki penampilan yang menawan. Kisaran harga burung kenari Border berkisar antara Rp 1.500.000 hingga Rp 4.000.000.

9. Kenari Fife Fancy

Kenari Fife Fancy merupakan jenis kenari yang berasal dari Skotlandia dan memiliki ukuran tubuh yang sedang dengan panjang sekitar 14-16 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna kuning kehijauan dengan ciri khas berupa jambul di kepalanya dan bulu yang panjang di bagian ekornya. Kenari Fife Fancy dikenal dengan kicauannya yang merdu dan memiliki penampilan yang elegan. Kisaran harga burung kenari Fife Fancy berkisar antara Rp 1.800.000 hingga Rp 4.500.000.

10. Kenari Lancashire

Kenari Lancashire merupakan jenis kenari yang berasal dari Inggris dan memiliki ukuran tubuh yang besar dengan panjang sekitar 16-18 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna kuning kehijauan dengan ciri khas berupa bulu yang panjang dan berjumbai di bagian kepala dan ekornya. Kenari Lancashire dikenal dengan kicauannya yang merdu dan memiliki penampilan yang menawan. Kisaran harga burung kenari Lancashire berkisar antara Rp 2.000.000 hingga Rp 5.000.000.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Kenari

Harga burung kenari dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Jenis: Jenis burung kenari yang berbeda memiliki harga yang berbeda-beda. Burung kenari yang langka atau memiliki kualitas kicauan yang baik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.
  • Ukuran: Burung kenari dengan ukuran tubuh yang lebih besar biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.
  • Warna: Burung kenari dengan warna bulu yang langka atau unik biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.
  • Kualitas kicauan: Burung kenari dengan kualitas kicauan yang baik, seperti merdu, berirama, dan panjang, biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.
  • Keturunan: Burung kenari yang berasal dari keturunan juara kontes biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.
  • Kelangkaan: Burung kenari yang langka atau sulit ditemukan biasanya memiliki harga yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Burung kenari merupakan jenis burung penyanyi yang populer dipelihara karena kicauannya yang merdu dan penampilannya yang menawan. Terdapat berbagai jenis burung kenari dengan ciri khas dan harga yang berbeda-beda. Faktor-faktor seperti jenis, ukuran, warna, kualitas kicauan, keturunan, dan kelangkaan dapat mempengaruhi harga burung kenari. Dengan mengetahui jenis-jenis burung kenari dan kisaran harganya, Anda dapat memilih burung kenari yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda.