Jenis Burung Cendet Harga Dan Karakteristiknya

Jenis Burung Cendet Harga dan Karakteristiknya

Burung cendet merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan bervariasi. Selain itu, burung cendet juga memiliki penampilan yang menarik dengan warna bulu yang beragam.

Harga burung cendet di pasaran bervariasi tergantung pada jenis, kualitas, dan usia burung. Burung cendet yang berkualitas baik dan memiliki suara kicauan yang merdu dapat dijual dengan harga yang tinggi.

Berikut ini adalah beberapa jenis burung cendet yang populer di Indonesia beserta harganya:

  1. Cendet Biasa ( Lanius cristatus)

Cendet biasa merupakan jenis burung cendet yang paling umum ditemukan di Indonesia. Burung ini memiliki ukuran tubuh sedang dengan panjang sekitar 20-25 cm. Bulu burung cendet biasa berwarna hitam dengan garis-garis putih di bagian sayap dan ekornya.

Harga burung cendet biasa di pasaran berkisar antara Rp100.000 hingga Rp500.000. Burung cendet biasa yang berkualitas baik dan memiliki suara kicauan yang merdu dapat dijual dengan harga lebih tinggi.

  1. Cendet Wulung ( Lanius schach)

Cendet wulung merupakan jenis burung cendet yang memiliki warna bulu hitam legam. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan cendet biasa, dengan panjang sekitar 18-22 cm.

Harga burung cendet wulung di pasaran berkisar antara Rp200.000 hingga Rp1.000.000. Burung cendet wulung yang berkualitas baik dan memiliki suara kicauan yang merdu dapat dijual dengan harga lebih tinggi.

  1. Cendet Suren ( Lanius validirostris)

Cendet suren merupakan jenis burung cendet yang memiliki warna bulu coklat kemerahan. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan cendet biasa dan cendet wulung, dengan panjang sekitar 25-30 cm.

Harga burung cendet suren di pasaran berkisar antara Rp300.000 hingga Rp1.500.000. Burung cendet suren yang berkualitas baik dan memiliki suara kicauan yang merdu dapat dijual dengan harga lebih tinggi.

  1. Cendet Gunung ( Lanius validirostris)

Cendet gunung merupakan jenis burung cendet yang hidup di daerah pegunungan. Burung ini memiliki warna bulu hitam dengan garis-garis putih di bagian sayap dan ekornya. Cendet gunung memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan cendet biasa, dengan panjang sekitar 18-22 cm.

Harga burung cendet gunung di pasaran berkisar antara Rp500.000 hingga Rp2.000.000. Burung cendet gunung yang berkualitas baik dan memiliki suara kicauan yang merdu dapat dijual dengan harga lebih tinggi.

  1. Cendet Bakalan ( Lanius cristatus)

Cendet bakalan merupakan jenis burung cendet yang masih muda dan belum dewasa. Burung ini memiliki warna bulu yang belum sempurna dan suara kicauannya belum merdu. Cendet bakalan biasanya dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan cendet dewasa.

Harga burung cendet bakalan di pasaran berkisar antara Rp50.000 hingga Rp100.000. Burung cendet bakalan yang berkualitas baik dan memiliki potensi untuk menjadi burung kicau yang handal dapat dijual dengan harga lebih tinggi.

Karakteristik Burung Cendet

Burung cendet memiliki beberapa karakteristik yang khas, antara lain:

  • Suara kicauan yang merdu dan bervariasi. Burung cendet dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan bervariasi. Burung ini dapat menirukan suara burung lain dan bahkan suara manusia.
  • Penampilan yang menarik. Burung cendet memiliki penampilan yang menarik dengan warna bulu yang beragam. Burung ini memiliki tubuh yang ramping dengan ekor yang panjang.
  • Sifat yang agresif. Burung cendet memiliki sifat yang agresif dan territorial. Burung ini tidak segan-segan untuk menyerang burung lain yang memasuki wilayah kekuasaannya.
  • Kebiasaan berburu. Burung cendet merupakan burung pemangsa yang memakan serangga, kadal, dan tikus kecil. Burung ini biasanya berburu dengan cara mengintai mangsanya dari tempat yang tinggi, kemudian menukik ke bawah untuk menangkap mangsanya.

Perawatan Burung Cendet

Burung cendet merupakan burung yang mudah dirawat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan burung cendet, antara lain:

  • Pemberian pakan. Burung cendet sebaiknya diberi pakan berupa serangga, kadal, dan tikus kecil. Burung ini juga dapat diberi pakan berupa voer dan buah-buahan.
  • Pemberian air minum. Burung cendet harus selalu diberi air minum yang bersih dan segar. Air minum burung cendet sebaiknya diganti setiap hari.
  • Pembersihan kandang. Kandang burung cendet harus dibersihkan secara rutin untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung. Kandang burung cendet sebaiknya dibersihkan setiap hari atau dua hari sekali.
  • Penjemuran. Burung cendet sebaiknya dijemur setiap hari selama sekitar 1-2 jam. Penjemuran burung cendet dapat membantu menjaga kesehatan burung dan meningkatkan kualitas suara kicauannya.
  • Pemberian vitamin dan mineral. Burung cendet sebaiknya diberi vitamin dan mineral secara rutin untuk menjaga kesehatan burung dan meningkatkan kualitas suara kicauannya. Vitamin dan mineral dapat diberikan dalam bentuk suplemen atau dicampurkan ke dalam pakan burung.

Penangkaran Burung Cendet

Penangkaran burung cendet merupakan salah satu usaha yang cukup menguntungkan. Burung cendet merupakan burung yang mudah dikembangbiakkan dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Untuk menangkarkan burung cendet, diperlukan beberapa hal, antara lain:

  • Indukan burung cendet. Indukan burung cendet harus dipilih dari burung yang berkualitas baik dan memiliki suara kicauan yang merdu.
  • Kandang penangkaran. Kandang penangkaran burung cendet harus cukup luas dan dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum.
  • Pakan. Burung cendet yang sedang diternakkan harus diberi pakan yang berkualitas baik dan bergizi. Pakan burung cendet dapat berupa serangga, kadal, tikus kecil, voer, dan buah-buahan.
  • Perawatan. Burung cendet yang sedang diternakkan harus diberi perawatan yang baik. Perawatan burung cendet meliputi pemberian pakan, pemberian air minum, pembersihan kandang, penjemuran, dan pemberian vitamin dan mineral.

Dengan perawatan yang baik, burung cendet yang sedang diternakkan dapat menghasilkan anakan burung cendet yang berkualitas baik dan memiliki suara kicauan yang merdu.