Jenis Burung Cendet Dan Gambarnya

Jenis Burung Cendet dan Gambarnya

Cendet (Lanius cristatus) adalah burung pengicau kecil yang ditemukan di Asia Tenggara. Burung ini dikenal karena suaranya yang merdu dan kemampuannya untuk meniru suara burung lain. Cendet juga merupakan burung yang sangat agresif dan teritorial.

Jenis-jenis Burung Cendet

Ada beberapa jenis burung cendet yang ditemukan di Indonesia, antara lain:

  • Cendet Biasa (Lanius cristatus cristatus)

Cendet Biasa adalah jenis cendet yang paling umum ditemukan di Indonesia. Burung ini memiliki tubuh berwarna hitam dengan garis-garis putih di sayapnya. Cendet Biasa memiliki suara yang merdu dan kemampuan untuk meniru suara burung lain.

  • Cendet Jawa (Lanius cristatus lucionensis)

Cendet Jawa adalah jenis cendet yang ditemukan di Jawa dan Bali. Burung ini memiliki tubuh berwarna hitam dengan garis-garis putih di sayapnya. Cendet Jawa memiliki suara yang lebih keras dan lebih nyaring daripada Cendet Biasa.

  • Cendet Kalimantan (Lanius cristatus avensis)

Cendet Kalimantan adalah jenis cendet yang ditemukan di Kalimantan. Burung ini memiliki tubuh berwarna hitam dengan garis-garis putih di sayapnya. Cendet Kalimantan memiliki suara yang lebih lembut dan lebih merdu daripada Cendet Biasa dan Cendet Jawa.

  • Cendet Sumatera (Lanius cristatus bartelsi)

Cendet Sumatera adalah jenis cendet yang ditemukan di Sumatera. Burung ini memiliki tubuh berwarna hitam dengan garis-garis putih di sayapnya. Cendet Sumatera memiliki suara yang lebih keras dan lebih nyaring daripada Cendet Biasa dan Cendet Jawa.

  • Cendet Nias (Lanius cristatus niasensis)

Cendet Nias adalah jenis cendet yang ditemukan di Nias. Burung ini memiliki tubuh berwarna hitam dengan garis-garis putih di sayapnya. Cendet Nias memiliki suara yang lebih lembut dan lebih merdu daripada Cendet Biasa dan Cendet Jawa.

Gambar Burung Cendet

Berikut ini adalah beberapa gambar burung cendet:

[Gambar Cendet Biasa]

[Gambar Cendet Jawa]

[Gambar Cendet Kalimantan]

[Gambar Cendet Sumatera]

[Gambar Cendet Nias]

Perawatan Burung Cendet

Burung cendet merupakan burung yang mudah dirawat. Burung ini dapat diberi makan dengan voer, jangkrik, ulat hongkong, dan buah-buahan. Cendet juga perlu diberi air minum yang bersih dan segar setiap hari.

Kandang burung cendet harus berukuran cukup besar agar burung dapat bergerak dengan bebas. Kandang burung cendet juga harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum.

Burung cendet perlu dimandikan secara teratur agar bulunya tetap bersih dan sehat. Burung cendet juga perlu dijemur di bawah sinar matahari pagi agar burung tetap sehat.

Penangkaran Burung Cendet

Burung cendet dapat dikembangbiakkan di penangkaran. Penangkaran burung cendet dapat dilakukan dengan cara mengawinkan burung jantan dan betina yang sehat. Burung cendet akan bertelur sekitar 2-4 butir telur. Telur-telur burung cendet akan menetas setelah dierami selama sekitar 12-14 hari.

Anak burung cendet akan diberi makan oleh induknya hingga berusia sekitar 1 bulan. Setelah berusia 1 bulan, anak burung cendet dapat mulai diberi makan sendiri. Anak burung cendet akan mulai bernyanyi pada usia sekitar 3-4 bulan.

Manfaat Burung Cendet

Burung cendet memiliki beberapa manfaat, antara lain:

  • Sebagai burung pengicau

Burung cendet memiliki suara yang merdu dan kemampuan untuk meniru suara burung lain. Burung ini sering dipelihara sebagai burung pengicau untuk menghibur pemiliknya.

  • Sebagai burung pemangsa hama

Burung cendet merupakan burung pemangsa hama. Burung ini memakan serangga dan hewan kecil lainnya yang dapat merusak tanaman.

  • Sebagai burung hias

Burung cendet memiliki bulu yang indah dan menarik. Burung ini sering dipelihara sebagai burung hias untuk mempercantik rumah.

Harga Burung Cendet

Harga burung cendet bervariasi tergantung pada jenis, umur, dan kualitas burung. Harga burung cendet dapat berkisar antara ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.