Indukan Murai Batu Bahorok: Legenda Hidup Di Dunia Perburungan

Indukan Murai Batu Bahorok: Legenda Hidup di Dunia Perburungan

Di antara sekian banyak jenis burung kicau yang populer di Indonesia, murai batu bahorok menempati posisi istimewa. Burung yang berasal dari daerah Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara ini dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan bervariasi, serta penampilannya yang menawan. Tak heran jika murai batu bahorok menjadi salah satu burung kicau yang paling dicari dan digemari oleh para penggemar burung.

Ciri-ciri Indukan Murai Batu Bahorok

Indukan murai batu bahorok memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dengan jenis murai batu lainnya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri indukan murai batu bahorok:

  • Ukuran tubuh: Indukan murai batu bahorok memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan jenis murai batu lainnya. Panjang tubuhnya bisa mencapai 20-25 cm, dengan berat badan sekitar 100-150 gram.
  • Warna bulu: Indukan murai batu bahorok memiliki warna bulu yang didominasi oleh warna hitam dan putih. Bagian kepala, leher, dan dada berwarna hitam, sedangkan bagian punggung, sayap, dan ekor berwarna putih.
  • Paruh: Indukan murai batu bahorok memiliki paruh yang panjang dan kuat, dengan warna hitam atau abu-abu.
  • Mata: Indukan murai batu bahorok memiliki mata yang besar dan berwarna merah cerah.
  • Kaki: Indukan murai batu bahorok memiliki kaki yang kuat dan kokoh, dengan warna hitam atau abu-abu.

Habitat Indukan Murai Batu Bahorok

Indukan murai batu bahorok hidup di hutan-hutan primer dan sekunder di daerah Bahorok, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Mereka biasanya membuat sarang di pohon-pohon tinggi, dan bertelur sebanyak 2-4 butir. Telur-telur tersebut akan dierami oleh induk betina selama sekitar 14 hari. Setelah menetas, anak-anak murai batu bahorok akan dirawat oleh kedua induknya hingga mereka dewasa.

Perawatan Indukan Murai Batu Bahorok

Indukan murai batu bahorok membutuhkan perawatan yang khusus agar tetap sehat dan produktif. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat indukan murai batu bahorok:

  • Pakan: Indukan murai batu bahorok harus diberi pakan yang berkualitas baik, seperti voer, jangkrik, ulat hongkong, dan buah-buahan. Pakan harus diberikan secara teratur, yaitu 2-3 kali sehari.
  • Air minum: Indukan murai batu bahorok harus diberi air minum yang bersih dan segar setiap hari. Air minum harus diganti secara teratur, agar tidak tercemar oleh kotoran burung.
  • Kandang: Indukan murai batu bahorok harus ditempatkan di kandang yang bersih dan nyaman. Kandang harus cukup luas, agar burung bisa bergerak dengan bebas. Kandang juga harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum.
  • Penjemuran: Indukan murai batu bahorok harus dijemur setiap hari selama sekitar 1-2 jam. Penjemuran bermanfaat untuk menjaga kesehatan burung dan meningkatkan kualitas suaranya.
  • Mandi: Indukan murai batu bahorok harus dimandikan setiap hari, agar burung tetap bersih dan terhindar dari penyakit. Mandi bisa dilakukan dengan cara disemprot menggunakan air hangat.

Pembiakan Indukan Murai Batu Bahorok

Indukan murai batu bahorok dapat mulai dikawinkan setelah berusia sekitar 1 tahun. Untuk mengawinkan indukan murai batu bahorok, diperlukan kandang khusus yang disebut kandang ternak. Kandang ternak harus cukup luas, agar burung bisa bergerak dengan bebas. Kandang juga harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum.

Setelah indukan murai batu bahorok dimasukkan ke dalam kandang ternak, mereka akan mulai kawin. Proses kawin biasanya berlangsung selama beberapa hari. Setelah kawin, induk betina akan bertelur sebanyak 2-4 butir. Telur-telur tersebut akan dierami oleh induk betina selama sekitar 14 hari. Setelah menetas, anak-anak murai batu bahorok akan dirawat oleh kedua induknya hingga mereka dewasa.

Harga Indukan Murai Batu Bahorok

Harga indukan murai batu bahorok bervariasi, tergantung pada kualitas burung. Indukan murai batu bahorok yang berkualitas baik, dengan suara kicauan yang merdu dan bervariasi, bisa dijual dengan harga hingga puluhan juta rupiah. Namun, indukan murai batu bahorok yang masih muda dan belum memiliki kualitas suara yang baik, bisa dijual dengan harga yang lebih murah.

Kesimpulan

Indukan murai batu bahorok adalah burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi, serta penampilan yang menawan. Indukan murai batu bahorok membutuhkan perawatan yang khusus agar tetap sehat dan produktif. Harga indukan murai batu bahorok bervariasi, tergantung pada kualitas burung.