Murai Batu Lampung Ekor Pendek: Burung Eksotis Dengan Harga Fantastis

Murai Batu Lampung Ekor Pendek: Burung Eksotis dengan Harga Fantastis

Murai batu lampung ekor pendek (Cacatua moluccensis) adalah salah satu jenis burung paruh bengkok yang berasal dari pulau Sumatera dan Kalimantan. Burung ini dikenal dengan kecantikannya yang eksotis, suara kicauannya yang merdu, dan harganya yang fantastis.

Ciri-ciri Murai Batu Lampung Ekor Pendek

Murai batu lampung ekor pendek memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 30-35 cm. Bulunya berwarna hitam legam, dengan ekor yang pendek dan melengkung. Paruhnya berwarna putih, dan kakinya berwarna hitam.

Burung ini memiliki jambul yang panjang dan melengkung, yang dapat ditegakkan atau diturunkan sesuai dengan suasana hatinya. Jambul ini berwarna hitam, dengan ujung berwarna putih.

Murai batu lampung ekor pendek memiliki suara kicauan yang sangat merdu. Kicauannya terdiri dari berbagai macam nada, mulai dari nada tinggi hingga nada rendah. Burung ini juga dikenal sebagai burung yang pandai menirukan suara manusia dan suara burung lainnya.

Habitat dan Persebaran Murai Batu Lampung Ekor Pendek

Murai batu lampung ekor pendek hidup di hutan-hutan tropis dan subtropis. Burung ini dapat ditemukan di daerah dataran rendah hingga pegunungan.

Murai batu lampung ekor pendek tersebar di pulau Sumatera dan Kalimantan. Namun, burung ini lebih banyak ditemukan di pulau Sumatera, terutama di provinsi Lampung.

Harga Murai Batu Lampung Ekor Pendek

Harga murai batu lampung ekor pendek sangat bervariasi, tergantung pada kualitas burung tersebut. Burung yang memiliki kualitas baik, seperti suara kicauan yang merdu dan bulu yang indah, dapat dijual dengan harga yang sangat tinggi.

Harga murai batu lampung ekor pendek dapat mencapai puluhan juta rupiah, bahkan hingga ratusan juta rupiah. Burung ini menjadi salah satu burung paruh bengkok termahal di dunia.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Harga Murai Batu Lampung Ekor Pendek

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi harga murai batu lampung ekor pendek, antara lain:

  • Kualitas suara kicauan: Burung yang memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi akan dijual dengan harga yang lebih tinggi.
  • Kondisi bulu: Burung yang memiliki bulu yang indah dan sehat akan dijual dengan harga yang lebih tinggi.
  • Umur burung: Burung yang masih muda dan sehat akan dijual dengan harga yang lebih tinggi.
  • Jenis kelamin burung: Burung jantan biasanya dijual dengan harga yang lebih tinggi daripada burung betina.
  • Kelangkaan burung: Burung yang langka dan sulit ditemukan akan dijual dengan harga yang lebih tinggi.

Perawatan Murai Batu Lampung Ekor Pendek

Murai batu lampung ekor pendek membutuhkan perawatan yang khusus agar tetap sehat dan bugar. Burung ini harus diberi makan dengan makanan yang bergizi, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan serangga.

Murai batu lampung ekor pendek juga harus diberi tempat tinggal yang nyaman dan aman. Kandang burung harus cukup luas dan dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum.

Burung ini juga harus diberi kesempatan untuk terbang bebas secara teratur. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental burung.

Penangkaran Murai Batu Lampung Ekor Pendek

Murai batu lampung ekor pendek termasuk burung yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Penangkapan dan perdagangan burung ini secara ilegal dapat dikenakan sanksi pidana.

Namun, penangkaran murai batu lampung ekor pendek diperbolehkan dengan izin dari pemerintah. Penangkaran burung ini bertujuan untuk menjaga kelestarian burung tersebut di alam liar.

Penangkaran murai batu lampung ekor pendek juga dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Burung ini memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga dapat menjadi sumber pendapatan bagi para penangkar.

Kesimpulan

Murai batu lampung ekor pendek adalah burung yang sangat cantik dan memiliki suara kicauan yang merdu. Burung ini juga memiliki harga yang fantastis, sehingga menjadi salah satu burung paruh bengkok termahal di dunia.

Perawatan murai batu lampung ekor pendek membutuhkan perhatian khusus. Burung ini harus diberi makan dengan makanan yang bergizi, ditempatkan di kandang yang nyaman dan aman, dan diberi kesempatan untuk terbang bebas secara teratur.

Penangkaran murai batu lampung ekor pendek diperbolehkan dengan izin dari pemerintah. Penangkaran burung ini bertujuan untuk menjaga kelestarian burung tersebut di alam liar dan juga dapat menjadi bisnis yang menguntungkan.