Harga Burung Pleci Di Malaysia: Tren Dan Faktor Yang Mempengaruhi

Harga Burung Pleci di Malaysia: Tren dan Faktor yang Mempengaruhi

Burung pleci (Zosterops japonicus) merupakan salah satu burung kicau yang populer di Malaysia. Burung ini dikenal dengan suaranya yang merdu dan penampilannya yang menarik. Harga burung pleci di Malaysia bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti jenis, usia, dan kualitas kicauan.

Jenis Burung Pleci

Ada beberapa jenis burung pleci yang ditemukan di Malaysia, antara lain:

  • Pleci Jawa (Zosterops javanicus): Jenis ini merupakan yang paling umum ditemukan di Malaysia. Pleci Jawa memiliki warna bulu hijau zaitun dengan garis-garis hitam di bagian punggungnya.
  • Pleci Sumatera (Zosterops sumatranus): Jenis ini memiliki warna bulu hijau zaitun dengan garis-garis kuning di bagian punggungnya. Pleci Sumatera umumnya lebih kecil daripada Pleci Jawa.
  • Pleci Kalimantan (Zosterops borneensis): Jenis ini memiliki warna bulu hijau zaitun dengan garis-garis putih di bagian punggungnya. Pleci Kalimantan umumnya lebih besar daripada Pleci Jawa dan Pleci Sumatera.

Usia Burung Pleci

Usia burung pleci juga mempengaruhi harganya. Burung pleci yang masih muda umumnya lebih murah daripada burung pleci yang sudah dewasa. Hal ini karena burung pleci yang masih muda belum memiliki kualitas kicauan yang baik.

Kualitas Kicauan

Kualitas kicauan merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan harga burung pleci. Burung pleci yang memiliki kualitas kicauan yang baik umumnya lebih mahal daripada burung pleci yang memiliki kualitas kicauan yang buruk. Kualitas kicauan burung pleci dinilai berdasarkan beberapa kriteria, seperti:

  • Volume: Burung pleci yang memiliki volume kicauan yang keras umumnya lebih mahal daripada burung pleci yang memiliki volume kicauan yang pelan.
  • Irama: Burung pleci yang memiliki irama kicauan yang teratur dan harmonis umumnya lebih mahal daripada burung pleci yang memiliki irama kicauan yang tidak teratur dan tidak harmonis.
  • Variasi: Burung pleci yang memiliki variasi kicauan yang banyak umumnya lebih mahal daripada burung pleci yang memiliki variasi kicauan yang sedikit.

Tren Harga Burung Pleci di Malaysia

Harga burung pleci di Malaysia menunjukkan tren yang fluktuatif. Pada umumnya, harga burung pleci cenderung meningkat menjelang kontes burung berkicau. Hal ini karena pada saat kontes burung berkicau, permintaan terhadap burung pleci meningkat. Selain itu, harga burung pleci juga cenderung meningkat pada saat musim kawin. Hal ini karena pada saat musim kawin, burung pleci cenderung lebih aktif berkicau.

Faktor yang Mempengaruhi Harga Burung Pleci di Malaysia

Selain jenis, usia, dan kualitas kicauan, ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi harga burung pleci di Malaysia, antara lain:

  • Kelangkaan: Burung pleci yang langka umumnya lebih mahal daripada burung pleci yang umum ditemukan.
  • Kesehatan: Burung pleci yang sehat umumnya lebih mahal daripada burung pleci yang sakit.
  • Perawatan: Burung pleci yang dirawat dengan baik umumnya lebih mahal daripada burung pleci yang dirawat dengan buruk.
  • Lokasi: Harga burung pleci di Malaysia dapat bervariasi tergantung pada lokasi. Burung pleci yang dijual di kota-kota besar umumnya lebih mahal daripada burung pleci yang dijual di daerah-daerah pedesaan.

Harga Burung Pleci di Malaysia saat ini

Harga burung pleci di Malaysia saat ini berkisar antara RM50 hingga RM1.000. Harga burung pleci yang paling murah umumnya adalah burung pleci yang masih muda dan memiliki kualitas kicauan yang buruk. Sedangkan harga burung pleci yang paling mahal umumnya adalah burung pleci yang sudah dewasa dan memiliki kualitas kicauan yang baik.

Tips Membeli Burung Pleci di Malaysia

Jika Anda ingin membeli burung pleci di Malaysia, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

  • Pastikan Anda membeli burung pleci dari penjual yang terpercaya.
  • Periksa kesehatan burung pleci sebelum Anda membelinya.
  • Pastikan Anda mengetahui jenis, usia, dan kualitas kicauan burung pleci sebelum Anda membelinya.
  • Jangan terburu-buru dalam membeli burung pleci. Ambil waktu Anda untuk mencari burung pleci yang sesuai dengan keinginan dan budget Anda.