Harga Burung Pleci Dakun Lombok: Tren, Faktor Yang Mempengaruhi, Dan Tips Membeli

Harga Burung Pleci Dakun Lombok: Tren, Faktor yang Mempengaruhi, dan Tips Membeli

Burung pleci dakun lombok (Zosterops senegalensis) merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini dikenal dengan suaranya yang merdu dan penampilannya yang menarik. Pleci dakun lombok juga dikenal dengan nama lain, seperti pleci dakun jawa, pleci dakun sumatera, dan pleci dakun kalimantan.

Harga burung pleci dakun lombok di pasaran cukup bervariasi, tergantung pada beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga burung pleci dakun lombok antara lain:

  • Jenis kelamin: Burung pleci dakun jantan biasanya lebih mahal daripada burung pleci dakun betina. Hal ini karena burung pleci dakun jantan memiliki suara yang lebih merdu dan lebih aktif berkicau.
  • Usia: Burung pleci dakun yang lebih tua biasanya lebih mahal daripada burung pleci dakun yang lebih muda. Hal ini karena burung pleci dakun yang lebih tua sudah memiliki pengalaman berkicau yang lebih baik dan lebih stabil.
  • Kualitas suara: Burung pleci dakun yang memiliki suara yang merdu dan lantang biasanya lebih mahal daripada burung pleci dakun yang memiliki suara yang kurang merdu dan kurang lantang.
  • Penampilan: Burung pleci dakun yang memiliki penampilan yang menarik, seperti bulu yang bersih dan mengkilap, biasanya lebih mahal daripada burung pleci dakun yang memiliki penampilan yang kurang menarik.
  • Ketersediaan: Burung pleci dakun yang langka di pasaran biasanya lebih mahal daripada burung pleci dakun yang mudah ditemukan.

Harga burung pleci dakun lombok di pasaran saat ini berkisar antara Rp100.000 hingga Rp1.000.000 per ekor. Harga burung pleci dakun jantan yang berkualitas baik bisa mencapai lebih dari Rp1.000.000 per ekor.

Jika Anda tertarik untuk membeli burung pleci dakun lombok, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan:

  • Pilihlah burung pleci dakun yang sehat: Pastikan burung pleci dakun yang Anda beli dalam kondisi sehat. Burung pleci dakun yang sehat biasanya memiliki mata yang cerah, bulu yang bersih dan mengkilap, serta nafsu makan yang baik.
  • Perhatikan kualitas suara burung pleci dakun: Dengarkan suara burung pleci dakun yang Anda beli sebelum Anda memutuskan untuk membelinya. Pastikan burung pleci dakun tersebut memiliki suara yang merdu dan lantang.
  • Pilihlah burung pleci dakun yang jinak: Burung pleci dakun yang jinak lebih mudah dipelihara dan dilatih. Anda dapat mencoba mendekati burung pleci dakun yang Anda beli dan melihat apakah burung tersebut jinak atau tidak.
  • Belilah burung pleci dakun dari penjual yang terpercaya: Pastikan Anda membeli burung pleci dakun dari penjual yang terpercaya. Penjual yang terpercaya akan memberikan informasi yang akurat tentang burung pleci dakun yang dijualnya dan akan memberikan garansi kesehatan burung pleci dakun tersebut.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat membeli burung pleci dakun lombok yang berkualitas baik dan sesuai dengan keinginan Anda.