Burung Pleci Jatim: Pesona Dan Keunikannya

Burung Pleci Jatim: Pesona dan Keunikannya

Burung pleci jatim (Zosterops flavus) merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup populer di Indonesia, terutama di wilayah Jawa Timur. Burung ini memiliki pesona dan keunikan tersendiri yang membuatnya banyak digemari oleh para pecinta burung.

Ciri-ciri Burung Pleci Jatim

Burung pleci jatim memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 11-13 cm. Bulunya berwarna hijau zaitun di bagian atas dan kuning cerah di bagian bawah. Ciri khas burung ini adalah adanya lingkaran putih di sekitar matanya, yang membuatnya terlihat seperti memakai kacamata.

Habitat dan Persebaran Burung Pleci Jatim

Burung pleci jatim umumnya ditemukan di hutan-hutan dataran rendah dan perbukitan di wilayah Jawa Timur. Namun, burung ini juga dapat ditemukan di beberapa daerah lain di Indonesia, seperti Jawa Tengah, Bali, dan Nusa Tenggara Barat.

Perilaku dan Makanan Burung Pleci Jatim

Burung pleci jatim merupakan burung yang aktif dan lincah. Mereka biasanya hidup berkelompok kecil dan suka berpindah-pindah tempat untuk mencari makan. Makanan utama burung ini adalah serangga kecil, buah-buahan, dan nektar bunga.

Suara Kicau Burung Pleci Jatim

Salah satu daya tarik utama burung pleci jatim adalah suara kicauannya yang merdu dan bervariasi. Burung ini memiliki kemampuan untuk menirukan suara burung lain, sehingga kicauannya sering terdengar sangat unik dan menarik.

Perawatan Burung Pleci Jatim

Burung pleci jatim termasuk burung yang mudah dirawat. Mereka dapat dipelihara dalam sangkar atau kandang aviary. Makanan yang diberikan sebaiknya berupa voer khusus burung kicau, buah-buahan, dan serangga kecil. Burung ini juga perlu dimandikan secara teratur dan diberi kesempatan untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Penangkaran Burung Pleci Jatim

Burung pleci jatim termasuk burung yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Namun, penangkaran burung ini masih diperbolehkan dengan syarat-syarat tertentu. Penangkaran burung pleci jatim bertujuan untuk menjaga kelestarian burung ini di alam liar dan memenuhi permintaan pasar akan burung kicau.

Harga Burung Pleci Jatim

Harga burung pleci jatim di pasaran bervariasi, tergantung pada kualitas burung dan jenis kelaminnya. Burung pleci jatim jantan biasanya lebih mahal daripada burung pleci jatim betina. Harga burung ini berkisar antara Rp100.000 hingga Rp1.000.000 per ekor.

Kesimpulan

Burung pleci jatim merupakan salah satu jenis burung kicau yang cukup populer di Indonesia. Burung ini memiliki pesona dan keunikan tersendiri yang membuatnya banyak digemari oleh para pecinta burung. Perawatan burung pleci jatim tergolong mudah, sehingga burung ini cocok untuk dipelihara oleh pemula maupun kolektor burung berpengalaman.