Burung Pleci Dakbal: Pesona Dan Keunikannya

Burung Pleci Dakbal: Pesona dan Keunikannya

Burung pleci dakbal (Chloropsis sonnerati) merupakan salah satu spesies burung yang cukup populer di kalangan penggemar burung kicau. Burung ini dikenal dengan suaranya yang merdu dan penampilannya yang menawan. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lebih mendalam tentang pesona dan keunikan burung pleci dakbal.

1. Ciri Fisik

Burung pleci dakbal memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang sekitar 15-18 cm. Bulunya berwarna hijau zaitun pada bagian atas dan kuning cerah pada bagian bawah. Burung jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dibandingkan dengan burung betina. Ciri khas burung pleci dakbal adalah adanya garis hitam tebal di sekitar mata, yang menyerupai alis.

2. Habitat dan Persebaran

Burung pleci dakbal biasanya ditemukan di hutan-hutan tropis dan subtropis di Asia Tenggara. Mereka tersebar luas di negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Burung ini hidup berkelompok kecil dan memakan buah-buahan, serangga, dan nektar bunga.

3. Suara Merdu dan Perilaku Bernyanyi

Salah satu daya tarik utama burung pleci dakbal adalah suaranya yang merdu. Burung ini memiliki kicauan yang panjang dan bervariasi, dengan nada-nada yang tinggi dan rendah. Kicauan burung pleci dakbal sering kali digunakan sebagai masteran untuk burung kicau lainnya.

Perilaku bernyanyi burung pleci dakbal juga cukup unik. Burung ini biasanya bernyanyi pada pagi dan sore hari, terutama saat cuaca cerah. Mereka akan berkumpul di pohon-pohon tinggi dan saling bersahutan dengan kicauan mereka.

4. Perawatan dan Pemeliharaan

Burung pleci dakbal dapat dipelihara sebagai burung kicau. Namun, perlu diperhatikan bahwa burung ini membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang khusus. Burung pleci dakbal harus diberi kandang yang cukup luas dan dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum. Kandang harus dibersihkan secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung.

Makanan burung pleci dakbal harus bervariasi, meliputi buah-buahan, serangga, dan nektar bunga. Burung ini juga membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang cukup untuk menjaga kesehatannya.

5. Konservasi dan Ancaman

Burung pleci dakbal termasuk dalam spesies yang dilindungi. Hal ini disebabkan karena populasinya di alam liar semakin menurun akibat perburuan liar dan kerusakan habitat. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kelestarian burung ini dengan melakukan konservasi dan melindungi habitatnya.

6. Harga Burung Pleci Dakbal

Harga burung pleci dakbal di pasaran bervariasi, tergantung pada kualitas burung dan daerah tempat tinggal. Secara umum, harga burung pleci dakbal berkisar antara Rp100.000 hingga Rp1.000.000.

Kesimpulan

Burung pleci dakbal merupakan burung yang memiliki pesona dan keunikan tersendiri. Suaranya yang merdu dan penampilannya yang menawan membuatnya menjadi salah satu burung kicau yang populer di kalangan penggemar burung. Namun, perlu diperhatikan bahwa burung ini membutuhkan perawatan dan pemeliharaan yang khusus. Selain itu, penting untuk menjaga kelestarian burung pleci dakbal dengan melakukan konservasi dan melindungi habitatnya.