Burung Pleci Merapi: Pesona Burung Kecil Yang Menawan

Burung Pleci Merapi: Pesona Burung Kecil yang Menawan

Di antara beragam jenis burung kicau yang menghiasi hutan-hutan Indonesia, burung pleci merapi (Zosterops montanus) memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta burung. Burung kecil yang mungil ini memiliki suara kicau yang merdu dan penampilan yang menawan, sehingga menjadikannya salah satu burung yang paling dicari oleh para penghobi burung kicau.

Habitat dan Persebaran

Burung pleci merapi merupakan burung endemik pulau Jawa dan Sumatera. Habitatnya berada di hutan-hutan pegunungan dengan ketinggian 1.000-2.500 meter di atas permukaan laut. Burung ini lebih menyukai daerah yang beriklim sejuk dan lembab, dengan banyak pohon dan semak belukar.

Ciri-ciri Fisik

Burung pleci merapi memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 11-13 cm. Bulunya berwarna hijau zaitun di bagian atas dan kuning pucat di bagian bawah. Kepala burung ini berwarna hitam dengan garis putih di atas mata. Paruhnya pendek dan berwarna hitam, sedangkan kakinya berwarna abu-abu.

Perilaku dan Kebiasaan

Burung pleci merapi merupakan burung yang aktif dan lincah. Mereka biasanya hidup berkelompok kecil, dengan jumlah anggota sekitar 5-10 ekor. Burung ini sangat pandai melompat dari satu pohon ke pohon lainnya, dan juga pandai terbang. Makanan utama burung pleci merapi adalah serangga, buah-buahan, dan nektar bunga.

Suara Kicau

Suara kicau burung pleci merapi sangat merdu dan bervariasi. Mereka memiliki kemampuan untuk menirukan suara burung lain, sehingga sering disebut sebagai burung "seribu suara". Kicau burung pleci merapi biasanya dimulai dengan suara yang lembut dan pelan, kemudian meningkat menjadi suara yang keras dan berirama.

Penangkaran

Burung pleci merapi merupakan salah satu burung yang banyak dipelihara oleh para penghobi burung kicau. Penangkaran burung pleci merapi tergolong mudah, karena burung ini mudah beradaptasi dengan lingkungan barunya. Namun, perlu diperhatikan bahwa burung ini membutuhkan perawatan yang baik, terutama dalam hal pemberian pakan dan kebersihan kandang.

Konservasi

Burung pleci merapi merupakan salah satu burung yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Hal ini karena populasinya di alam liar semakin menurun akibat perburuan liar dan kerusakan habitat. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya konservasi untuk melindungi burung ini dari kepunahan.

Kesimpulan

Burung pleci merapi merupakan burung kecil yang menawan dengan suara kicau yang merdu. Burung ini sangat populer di kalangan penghobi burung kicau, namun populasinya di alam liar semakin menurun. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya konservasi untuk melindungi burung ini dari kepunahan.