Burung Pleci Dada Kuning: Si Kecil Berdada Emas

Burung Pleci Dada Kuning: Si Kecil Berdada Emas

Burung pleci dada kuning (Pycnonotus zeylanicus) adalah salah satu spesies burung pengicau yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Burung ini dikenal dengan suaranya yang merdu dan penampilannya yang cantik, dengan dada berwarna kuning cerah dan bulu berwarna hijau zaitun.

Ciri-ciri Burung Pleci Dada Kuning

Burung pleci dada kuning memiliki panjang tubuh sekitar 15-18 cm, dengan berat sekitar 20-30 gram. Burung ini memiliki paruh yang pendek dan kuat, serta ekor yang panjang dan berumbai. Bulu burung pleci dada kuning berwarna hijau zaitun, dengan dada berwarna kuning cerah. Bagian bawah tubuh burung ini berwarna putih, dengan garis-garis hitam di bagian samping.

Habitat dan Persebaran Burung Pleci Dada Kuning

Burung pleci dada kuning umumnya ditemukan di hutan-hutan tropis dan subtropis, serta di daerah perkotaan. Burung ini juga dapat ditemukan di kebun-kebun dan taman-taman. Burung pleci dada kuning tersebar luas di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina.

Perilaku dan Makanan Burung Pleci Dada Kuning

Burung pleci dada kuning adalah burung yang aktif dan lincah. Burung ini biasanya hidup berkelompok kecil, dan mereka sering terlihat terbang dari satu pohon ke pohon lainnya. Burung pleci dada kuning memakan berbagai macam makanan, termasuk buah-buahan, biji-bijian, dan serangga.

Suara Burung Pleci Dada Kuning

Burung pleci dada kuning dikenal dengan suaranya yang merdu dan nyaring. Burung ini memiliki berbagai macam suara, termasuk kicauan, siulan, dan panggilan. Suara burung pleci dada kuning sering digunakan sebagai suara burung master untuk melatih burung kicau lainnya.

Penangkaran Burung Pleci Dada Kuning

Burung pleci dada kuning merupakan salah satu burung yang populer untuk dipelihara. Burung ini mudah dirawat dan tidak memerlukan perawatan khusus. Burung pleci dada kuning dapat dipelihara dalam sangkar atau kandang aviary. Burung ini juga dapat dibiakkan di penangkaran, dan anakan burung pleci dada kuning dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi.

Konservasi Burung Pleci Dada Kuning

Burung pleci dada kuning merupakan salah satu spesies burung yang dilindungi di Indonesia. Burung ini termasuk dalam daftar satwa liar yang dilindungi berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar. Perburuan dan perdagangan burung pleci dada kuning secara ilegal dapat dikenakan sanksi hukum.

Kesimpulan

Burung pleci dada kuning adalah salah satu burung pengicau yang cantik dan populer untuk dipelihara. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik. Burung pleci dada kuning merupakan salah satu spesies burung yang dilindungi di Indonesia, dan perburuan serta perdagangan burung ini secara ilegal dapat dikenakan sanksi hukum.