Burung Pleci Bustomi: Pesona Burung Kecil Yang Memikat

Burung Pleci Bustomi: Pesona Burung Kecil yang Memikat

Burung pleci bustomi (Pachycephala pectoralis) adalah salah satu burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya.

Asal Usul Burung Pleci Bustomi

Burung pleci bustomi berasal dari daerah Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Burung ini dapat ditemukan di berbagai habitat, mulai dari hutan hujan tropis hingga daerah perkotaan. Pleci bustomi biasanya hidup berpasangan atau dalam kelompok kecil.

Ciri-ciri Burung Pleci Bustomi

Burung pleci bustomi memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 15-20 cm. Bulunya berwarna hitam dengan garis-garis putih di bagian dada dan perut. Kepala burung ini berwarna hitam dengan jambul berwarna putih. Paruhnya berwarna hitam dan kakinya berwarna abu-abu.

Suara Burung Pleci Bustomi

Suara burung pleci bustomi sangat merdu dan bervariasi. Burung ini dapat mengeluarkan berbagai macam suara, mulai dari kicauan yang lembut hingga suara yang keras dan bernada tinggi. Pleci bustomi juga dikenal sebagai burung yang pandai menirukan suara burung lain.

Perawatan Burung Pleci Bustomi

Perawatan burung pleci bustomi tidak terlalu sulit. Burung ini dapat diberi makan dengan voer, biji-bijian, dan buah-buahan. Pleci bustomi juga perlu diberi air minum yang bersih setiap hari. Kandang burung pleci bustomi harus dibersihkan secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan burung.

Penangkaran Burung Pleci Bustomi

Penangkaran burung pleci bustomi dapat dilakukan dengan cara yang cukup mudah. Burung ini dapat dikembangbiakkan dengan cara poligami, yaitu satu jantan dengan beberapa betina. Pleci bustomi biasanya akan bertelur sebanyak 2-4 butir dalam satu kali bertelur. Telur-telur tersebut akan dierami oleh induk betina selama sekitar 12-14 hari.

Harga Burung Pleci Bustomi

Harga burung pleci bustomi bervariasi tergantung pada kualitas burung tersebut. Burung pleci bustomi yang memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik dapat dijual dengan harga yang cukup tinggi. Namun, burung pleci bustomi yang masih muda dan belum memiliki suara yang bagus dapat dijual dengan harga yang lebih murah.

Kesimpulan

Burung pleci bustomi adalah salah satu burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik, sehingga banyak orang yang tertarik untuk memeliharanya. Perawatan burung pleci bustomi tidak terlalu sulit dan burung ini dapat dikembangbiakkan dengan cara yang cukup mudah.