Ciri Motif Ekor Murai Batu Betina

Ciri Motif Ekor Murai Batu Betina

Murai batu (Copsychus malabaricus) adalah salah satu burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik. Murai batu jantan dan betina memiliki perbedaan dalam hal penampilan, termasuk pada motif ekornya.

Ciri-ciri Motif Ekor Murai Batu Betina

  1. Warna Dasar Ekor

Warna dasar ekor murai batu betina umumnya adalah hitam. Namun, ada juga beberapa ekor murai batu betina yang memiliki warna dasar ekor coklat tua atau abu-abu tua.

  1. Motif Ekor

Motif ekor murai batu betina berupa garis-garis putih yang melintang di sepanjang ekor. Garis-garis putih ini biasanya lebih tipis dan lebih sedikit dibandingkan dengan garis-garis putih pada ekor murai batu jantan.

  1. Lebar Garis Putih

Lebar garis-garis putih pada ekor murai batu betina biasanya sekitar 1-2 mm. Garis-garis putih ini juga biasanya tidak terlalu kontras dengan warna dasar ekor.

  1. Jumlah Garis Putih

Jumlah garis-garis putih pada ekor murai batu betina biasanya sekitar 5-7 garis. Namun, ada juga beberapa ekor murai batu betina yang memiliki jumlah garis putih lebih sedikit atau lebih banyak.

  1. Pola Garis Putih

Pola garis-garis putih pada ekor murai batu betina biasanya tidak teratur. Garis-garis putih ini dapat melintang lurus, melengkung, atau bahkan putus-putus.

  1. Panjang Garis Putih

Panjang garis-garis putih pada ekor murai batu betina biasanya sekitar 1-2 cm. Garis-garis putih ini biasanya tidak sampai ke ujung ekor.

  1. Warna Garis Putih

Warna garis-garis putih pada ekor murai batu betina biasanya putih bersih. Namun, ada juga beberapa ekor murai batu betina yang memiliki garis-garis putih yang sedikit kekuningan atau keabu-abuan.

Perbedaan Motif Ekor Murai Batu Jantan dan Betina

Motif ekor murai batu jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan. Perbedaan-perbedaan tersebut antara lain:

  1. Warna Dasar Ekor

Warna dasar ekor murai batu jantan umumnya adalah hitam mengkilap. Sedangkan warna dasar ekor murai batu betina umumnya adalah hitam, coklat tua, atau abu-abu tua.

  1. Motif Ekor

Motif ekor murai batu jantan berupa garis-garis putih yang melintang di sepanjang ekor. Garis-garis putih ini biasanya lebih tebal dan lebih banyak dibandingkan dengan garis-garis putih pada ekor murai batu betina.

  1. Lebar Garis Putih

Lebar garis-garis putih pada ekor murai batu jantan biasanya sekitar 2-3 mm. Garis-garis putih ini juga biasanya lebih kontras dengan warna dasar ekor.

  1. Jumlah Garis Putih

Jumlah garis-garis putih pada ekor murai batu jantan biasanya sekitar 7-9 garis. Namun, ada juga beberapa ekor murai batu jantan yang memiliki jumlah garis putih lebih sedikit atau lebih banyak.

  1. Pola Garis Putih

Pola garis-garis putih pada ekor murai batu jantan biasanya lebih teratur. Garis-garis putih ini biasanya melintang lurus dan tidak putus-putus.

  1. Panjang Garis Putih

Panjang garis-garis putih pada ekor murai batu jantan biasanya sekitar 2-3 cm. Garis-garis putih ini biasanya sampai ke ujung ekor.

  1. Warna Garis Putih

Warna garis-garis putih pada ekor murai batu jantan biasanya putih bersih.

Fungsi Motif Ekor Murai Batu

Motif ekor murai batu berfungsi untuk menarik perhatian lawan jenis. Motif ekor yang menarik akan membuat murai batu lebih mudah untuk mendapatkan pasangan. Selain itu, motif ekor murai batu juga berfungsi untuk menunjukkan status sosial burung tersebut. Murai batu dengan motif ekor yang lebih menarik biasanya memiliki status sosial yang lebih tinggi.