Ciri-ciri Murai Batu Medan Ekor Panjang

Ciri-ciri Murai Batu Medan Ekor Panjang

Murai batu medan ekor panjang (Copsychus malabaricus longicaudatus) adalah salah satu jenis burung murai batu yang banyak ditemukan di wilayah Sumatera Utara, khususnya di daerah Medan. Burung ini memiliki ciri-ciri fisik yang khas, yaitu ekor yang panjang dan berwarna hitam mengkilap. Selain itu, murai batu medan ekor panjang juga memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi.

1. Ekor Panjang

Ciri-ciri yang paling mencolok dari murai batu medan ekor panjang adalah ekornya yang panjang. Ekor burung ini dapat mencapai panjang hingga 25 cm, atau sekitar dua kali panjang tubuhnya. Ekor murai batu medan ekor panjang berwarna hitam mengkilap, dengan ujung ekor yang sedikit melengkung ke atas.

2. Tubuh Kecil

Murai batu medan ekor panjang memiliki tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 20 cm. Tubuh burung ini berwarna hitam, dengan sedikit warna putih di bagian dada dan perut. Kepala murai batu medan ekor panjang berwarna hitam, dengan jambul yang tegak dan berwarna putih.

3. Paruh dan Kaki Kuat

Murai batu medan ekor panjang memiliki paruh dan kaki yang kuat. Paruh burung ini berwarna hitam, dengan ujung paruh yang sedikit bengkok ke bawah. Kaki murai batu medan ekor panjang berwarna hitam, dengan cakar yang tajam.

4. Suara Kicauan Merdu

Murai batu medan ekor panjang memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi. Burung ini dapat menirukan berbagai macam suara, termasuk suara burung lain, suara manusia, dan bahkan suara musik. Kicauan murai batu medan ekor panjang biasanya dimulai dengan suara yang pelan dan lembut, kemudian meningkat menjadi suara yang keras dan bersemangat.

5. Habitat

Murai batu medan ekor panjang biasanya ditemukan di hutan-hutan sekunder dan perkebunan. Burung ini juga sering ditemukan di sekitar pemukiman manusia, seperti di taman-taman dan kebun-kebun. Murai batu medan ekor panjang biasanya hidup berpasangan, dan mereka membangun sarang di pohon-pohon tinggi.

6. Makanan

Murai batu medan ekor panjang memakan berbagai macam makanan, seperti serangga, buah-buahan, dan biji-bijian. Burung ini juga sering memakan nektar bunga. Murai batu medan ekor panjang biasanya mencari makan di pohon-pohon dan semak-semak.

7. Perilaku

Murai batu medan ekor panjang adalah burung yang aktif dan lincah. Burung ini biasanya bergerak dengan cara melompat-lompat di antara dahan-dahan pohon. Murai batu medan ekor panjang juga sering terbang dari satu pohon ke pohon lainnya.

8. Populasi

Populasi murai batu medan ekor panjang saat ini sedang mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti perburuan liar, kerusakan habitat, dan perdagangan ilegal. Murai batu medan ekor panjang termasuk dalam daftar burung yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia.

9. Harga

Harga murai batu medan ekor panjang di pasaran bervariasi, tergantung pada kualitas burung tersebut. Murai batu medan ekor panjang dengan kualitas yang baik dapat dijual dengan harga hingga jutaan rupiah.

10. Perawatan

Murai batu medan ekor panjang memerlukan perawatan yang khusus. Burung ini harus diberi makan dengan makanan yang berkualitas baik, dan mereka harus ditempatkan di kandang yang luas dan nyaman. Murai batu medan ekor panjang juga harus diberi kesempatan untuk terbang dan berolahraga secara teratur.