Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli

Ciri-ciri Murai Batu Medan Asli

Murai batu medan merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini dikenal karena keindahan suaranya yang merdu dan penampilannya yang menawan. Namun, tidak semua murai batu medan yang dijual di pasaran adalah asli. Banyak oknum yang menjual murai batu medan palsu atau hasil persilangan dengan jenis burung lain.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ciri-ciri murai batu medan asli sebelum membelinya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri murai batu medan asli yang perlu Anda ketahui:

  1. Bentuk Kepala

Murai batu medan asli memiliki bentuk kepala yang bulat dan agak lonjong. Bagian atas kepala berwarna hitam mengkilap, sedangkan bagian bawah kepala berwarna putih bersih.

  1. Mata

Mata murai batu medan asli berwarna merah terang. Namun, pada beberapa burung, warna mata bisa berubah menjadi kuning atau oranye seiring bertambahnya usia.

  1. Paruh

Paruh murai batu medan asli berwarna hitam pekat. Paruh bagian atas lebih panjang daripada paruh bagian bawah.

  1. Leher

Leher murai batu medan asli berwarna hitam mengkilap. Bulu-bulu di leher tersusun rapi dan tidak kusut.

  1. Dada

Dada murai batu medan asli berwarna putih bersih. Bulu-bulu di dada tersusun rapi dan tidak kusut.

  1. Perut

Perut murai batu medan asli berwarna hitam mengkilap. Bulu-bulu di perut tersusun rapi dan tidak kusut.

  1. Sayap

Sayap murai batu medan asli berwarna hitam mengkilap. Bulu-bulu di sayap tersusun rapi dan tidak kusut.

  1. Ekor

Ekor murai batu medan asli berwarna hitam mengkilap. Bulu-bulu di ekor tersusun rapi dan tidak kusut.

  1. Kaki

Kaki murai batu medan asli berwarna hitam pekat. Kaki bagian depan lebih panjang daripada kaki bagian belakang.

  1. Suara

Suara murai batu medan asli sangat merdu dan bervariasi. Burung ini mampu menirukan berbagai macam suara burung lain, seperti burung kenari, burung lovebird, dan burung cucak rowo.

  1. Gerakan

Murai batu medan asli memiliki gerakan yang lincah dan gesit. Burung ini sering terbang kesana-kemari sambil berkicau.

  1. Habitat

Murai batu medan asli hidup di hutan-hutan tropis di Sumatera Utara. Burung ini biasanya ditemukan di daerah yang berbukit-bukit dan memiliki banyak pohon besar.

  1. Makanan

Murai batu medan asli memakan berbagai macam serangga, seperti jangkrik, ulat, dan kroto. Burung ini juga memakan buah-buahan, seperti pisang dan pepaya.

  1. Reproduksi

Murai batu medan asli berkembang biak dengan cara bertelur. Burung ini biasanya bertelur sebanyak 2-4 butir dalam satu sarang. Telur-telur tersebut dierami oleh induk betina selama kurang lebih 14 hari.

  1. Harga

Harga murai batu medan asli cukup mahal. Harga burung ini bisa mencapai jutaan rupiah, tergantung pada kualitas dan prestasinya.

Demikianlah beberapa ciri-ciri murai batu medan asli yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin membeli murai batu medan asli.