Ciri-ciri Murai Batu Medan Anakan Jantan

Ciri-ciri Murai Batu Medan Anakan Jantan

Murai batu medan (Copsychus malabaricus) merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik, sehingga banyak orang yang memeliharanya sebagai burung hias.

Jika Anda tertarik untuk memelihara murai batu medan, sebaiknya Anda memilih anakan jantan. Sebab, murai batu medan jantan memiliki suara yang lebih merdu dan lebih mudah untuk dimaster.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri murai batu medan anakan jantan yang dapat Anda perhatikan:

  1. Bentuk Tubuh

Murai batu medan anakan jantan memiliki bentuk tubuh yang lebih ramping dan lebih panjang dibandingkan dengan murai batu medan betina. Selain itu, murai batu medan jantan juga memiliki ekor yang lebih panjang dan lebih lebar.

  1. Warna Bulu

Murai batu medan anakan jantan memiliki warna bulu yang lebih gelap dibandingkan dengan murai batu medan betina. Bulu-bulu pada bagian kepala, punggung, dan sayap murai batu medan jantan berwarna hitam mengkilap. Sedangkan, bulu-bulu pada bagian dada dan perut murai batu medan jantan berwarna putih bersih.

  1. Paruh

Paruh murai batu medan anakan jantan berwarna hitam dan lebih panjang dibandingkan dengan paruh murai batu medan betina. Selain itu, paruh murai batu medan jantan juga lebih tebal dan lebih kuat.

  1. Kaki

Kaki murai batu medan anakan jantan berwarna hitam dan lebih panjang dibandingkan dengan kaki murai batu medan betina. Selain itu, kaki murai batu medan jantan juga lebih kuat dan lebih kokoh.

  1. Mata

Mata murai batu medan anakan jantan berwarna hitam dan lebih besar dibandingkan dengan mata murai batu medan betina. Selain itu, mata murai batu medan jantan juga lebih tajam dan lebih berbinar.

  1. Suara

Suara murai batu medan anakan jantan lebih merdu dan lebih bervariasi dibandingkan dengan suara murai batu medan betina. Murai batu medan jantan dapat mengeluarkan berbagai macam suara, mulai dari suara kicauan yang lembut hingga suara tembakan yang keras.

  1. Perilaku

Murai batu medan anakan jantan lebih aktif dan lebih agresif dibandingkan dengan murai batu medan betina. Murai batu medan jantan sering terlihat berkicau dan terbang kesana kemari. Selain itu, murai batu medan jantan juga lebih mudah untuk dimaster.

Tips Memilih Murai Batu Medan Anakan Jantan

Jika Anda ingin memilih murai batu medan anakan jantan, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Pilih murai batu medan anakan jantan yang memiliki bentuk tubuh yang ramping dan panjang.
  • Pilih murai batu medan anakan jantan yang memiliki warna bulu yang gelap dan mengkilap.
  • Pilih murai batu medan anakan jantan yang memiliki paruh yang hitam, panjang, tebal, dan kuat.
  • Pilih murai batu medan anakan jantan yang memiliki kaki yang hitam, panjang, kuat, dan kokoh.
  • Pilih murai batu medan anakan jantan yang memiliki mata yang hitam, besar, tajam, dan berbinar.
  • Pilih murai batu medan anakan jantan yang memiliki suara yang merdu dan bervariasi.
  • Pilih murai batu medan anakan jantan yang aktif, agresif, dan mudah untuk dimaster.

Perawatan Murai Batu Medan Anakan Jantan

Setelah Anda memilih murai batu medan anakan jantan, selanjutnya Anda perlu merawatnya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa tips perawatan murai batu medan anakan jantan:

  • Berikan murai batu medan anakan jantan pakan yang berkualitas baik. Pakan yang baik untuk murai batu medan anakan jantan antara lain voer, jangkrik, ulat hongkong, dan buah-buahan.
  • Berikan murai batu medan anakan jantan air minum yang bersih dan segar setiap hari.
  • Bersihkan kandang murai batu medan anakan jantan secara teratur.
  • Jemur murai batu medan anakan jantan di bawah sinar matahari pagi selama 1-2 jam setiap hari.
  • Mandikan murai batu medan anakan jantan seminggu sekali.
  • Berikan murai batu medan anakan jantan vitamin dan mineral tambahan secara teratur.
  • Master murai batu medan anakan jantan dengan suara-suara burung kicau yang merdu.

Dengan perawatan yang baik, murai batu medan anakan jantan Anda akan tumbuh menjadi burung kicau yang sehat, cantik, dan memiliki suara yang merdu.