Ciri-ciri Burung Pleci Buxtoni Gunung Karang

Ciri-ciri Burung Pleci Buxtoni Gunung Karang

Burung pleci buxtoni gunung karang (Pachycephala hyperythra karangensis) merupakan salah satu jenis burung pleci yang endemik di Pulau Jawa. Burung ini memiliki ciri-ciri fisik yang khas, antara lain:

  • Ukuran tubuh: Burung pleci buxtoni gunung karang memiliki ukuran tubuh yang sedang, dengan panjang tubuh sekitar 15-17 cm.
  • Warna bulu: Bulu burung pleci buxtoni gunung karang berwarna hitam legam pada bagian kepala, punggung, dan sayap. Sedangkan pada bagian dada dan perut berwarna putih bersih.
  • Paruh: Paruh burung pleci buxtoni gunung karang berwarna hitam dan berbentuk runcing.
  • Mata: Mata burung pleci buxtoni gunung karang berwarna hitam dan bulat.
  • Kaki: Kaki burung pleci buxtoni gunung karang berwarna hitam dan memiliki cakar yang kuat.

Habitat dan Persebaran

Burung pleci buxtoni gunung karang hidup di hutan-hutan pegunungan di Pulau Jawa. Burung ini biasanya ditemukan di ketinggian antara 1.000-2.500 meter di atas permukaan laut.

Makanan

Burung pleci buxtoni gunung karang memakan berbagai jenis serangga, seperti semut, rayap, lalat, dan kumbang. Burung ini juga memakan buah-buahan dan biji-bijian.

Perilaku

Burung pleci buxtoni gunung karang merupakan burung yang aktif dan lincah. Burung ini biasanya ditemukan bertengger di dahan-dahan pohon sambil mencari makan. Burung ini juga dikenal sebagai burung yang pandai berkicau.

Reproduksi

Burung pleci buxtoni gunung karang berkembang biak dengan cara bertelur. Burung ini biasanya membangun sarang di pohon-pohon yang tinggi. Setiap sarang biasanya berisi 2-3 butir telur. Telur-telur tersebut akan dierami oleh induk betina selama sekitar 12 hari. Setelah menetas, anak-anak burung pleci buxtoni gunung karang akan dirawat oleh kedua induknya hingga mereka dewasa.

Status Konservasi

Burung pleci buxtoni gunung karang termasuk dalam kategori burung yang dilindungi. Hal ini disebabkan karena populasinya yang semakin menurun akibat perburuan dan kerusakan habitat.

Tips Merawat Burung Pleci Buxtoni Gunung Karang

Jika Anda tertarik untuk memelihara burung pleci buxtoni gunung karang, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Sediakan kandang yang luas dan nyaman untuk burung pleci buxtoni gunung karang.
  • Berikan makanan yang berkualitas baik, seperti voer, serangga, dan buah-buahan.
  • Jaga kebersihan kandang burung pleci buxtoni gunung karang secara rutin.
  • Mandikan burung pleci buxtoni gunung karang secara teratur.
  • Berikan waktu yang cukup untuk burung pleci buxtoni gunung karang bermain dan berolahraga.
  • Hindari stres pada burung pleci buxtoni gunung karang.

Dengan perawatan yang baik, burung pleci buxtoni gunung karang dapat hidup hingga 10 tahun atau lebih.