Ciri-Ciri Burung Pleci Bustomi Jantan

Ciri-Ciri Burung Pleci Bustomi Jantan

Burung pleci bustomi merupakan salah satu jenis burung pleci yang sangat populer di kalangan pecinta burung. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang menarik. Pleci bustomi jantan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan pleci bustomi betina.

1. Ukuran Tubuh

Pleci bustomi jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan pleci bustomi betina. Panjang tubuh pleci bustomi jantan dapat mencapai 12-14 cm, sedangkan panjang tubuh pleci bustomi betina hanya sekitar 10-12 cm.

2. Berat Badan

Pleci bustomi jantan memiliki berat badan yang lebih berat dibandingkan dengan pleci bustomi betina. Berat badan pleci bustomi jantan dapat mencapai 15-20 gram, sedangkan berat badan pleci bustomi betina hanya sekitar 10-15 gram.

3. Warna Bulu

Pleci bustomi jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan lebih tegas dibandingkan dengan pleci bustomi betina. Warna bulu pleci bustomi jantan didominasi oleh warna hitam, putih, dan kuning. Bagian kepala pleci bustomi jantan berwarna hitam dengan garis-garis putih di atas mata. Bagian punggung pleci bustomi jantan berwarna hitam dengan bintik-bintik putih. Bagian dada pleci bustomi jantan berwarna kuning dengan garis-garis hitam.

4. Bentuk Paruh

Pleci bustomi jantan memiliki bentuk paruh yang lebih panjang dan lebih tebal dibandingkan dengan pleci bustomi betina. Paruh pleci bustomi jantan berwarna hitam dengan ujung paruh yang runcing.

5. Bentuk Kepala

Pleci bustomi jantan memiliki bentuk kepala yang lebih besar dan lebih bulat dibandingkan dengan pleci bustomi betina. Kepala pleci bustomi jantan juga memiliki jambul yang lebih panjang dan lebih tebal.

6. Bentuk Ekor

Pleci bustomi jantan memiliki bentuk ekor yang lebih panjang dan lebih lebar dibandingkan dengan pleci bustomi betina. Ekor pleci bustomi jantan juga memiliki bulu-bulu yang lebih panjang dan lebih tebal.

7. Suara Kicauan

Pleci bustomi jantan memiliki suara kicauan yang lebih merdu dan lebih nyaring dibandingkan dengan pleci bustomi betina. Suara kicauan pleci bustomi jantan juga lebih bervariasi dan lebih panjang.

8. Perilaku

Pleci bustomi jantan memiliki perilaku yang lebih aktif dan lebih agresif dibandingkan dengan pleci bustomi betina. Pleci bustomi jantan juga lebih sering berkicau dan lebih sering menunjukkan perilaku territorial.

9. Harga

Pleci bustomi jantan memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan pleci bustomi betina. Harga pleci bustomi jantan dapat mencapai jutaan rupiah, sedangkan harga pleci bustomi betina hanya sekitar ratusan ribu rupiah.

10. Perawatan

Pleci bustomi jantan membutuhkan perawatan yang lebih intensif dibandingkan dengan pleci bustomi betina. Pleci bustomi jantan harus diberi makan yang lebih berkualitas dan lebih sering. Pleci bustomi jantan juga harus diberi kandang yang lebih besar dan lebih nyaman.

Kesimpulan

Pleci bustomi jantan memiliki ciri-ciri khusus yang membedakannya dengan pleci bustomi betina. Ciri-ciri tersebut meliputi ukuran tubuh, berat badan, warna bulu, bentuk paruh, bentuk kepala, bentuk ekor, suara kicauan, perilaku, harga, dan perawatan.