Ciri-ciri Burung Pleci Pacitan Jantan

Ciri-ciri Burung Pleci Pacitan Jantan

Burung pleci pacitan (Zosterops chloris) adalah salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan penampilan yang menarik. Pleci pacitan jantan memiliki beberapa ciri khas yang membedakannya dari pleci pacitan betina.

1. Ukuran Tubuh

Pleci pacitan jantan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada pleci pacitan betina. Panjang tubuh pleci pacitan jantan sekitar 11-12 cm, sedangkan panjang tubuh pleci pacitan betina sekitar 10-11 cm.

2. Berat Badan

Pleci pacitan jantan juga memiliki berat badan yang lebih berat daripada pleci pacitan betina. Berat badan pleci pacitan jantan sekitar 10-12 gram, sedangkan berat badan pleci pacitan betina sekitar 8-10 gram.

3. Warna Bulu

Pleci pacitan jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan mencolok daripada pleci pacitan betina. Warna bulu pleci pacitan jantan didominasi oleh warna hijau zaitun, dengan warna kuning di bagian dada dan perut. Pleci pacitan betina memiliki warna bulu yang lebih kusam, dengan warna hijau zaitun yang lebih gelap dan warna kuning yang lebih pucat.

4. Bentuk Kepala

Pleci pacitan jantan memiliki bentuk kepala yang lebih bulat dan besar daripada pleci pacitan betina. Pleci pacitan betina memiliki bentuk kepala yang lebih lonjong dan kecil.

5. Paruh

Pleci pacitan jantan memiliki paruh yang lebih panjang dan tebal daripada pleci pacitan betina. Pleci pacitan betina memiliki paruh yang lebih pendek dan tipis.

6. Mata

Pleci pacitan jantan memiliki mata yang lebih besar dan bulat daripada pleci pacitan betina. Pleci pacitan betina memiliki mata yang lebih kecil dan lonjong.

7. Kaki

Pleci pacitan jantan memiliki kaki yang lebih panjang dan kuat daripada pleci pacitan betina. Pleci pacitan betina memiliki kaki yang lebih pendek dan lemah.

8. Suara Kicau

Pleci pacitan jantan memiliki suara kicau yang lebih merdu dan bervariasi daripada pleci pacitan betina. Pleci pacitan jantan dapat mengeluarkan berbagai macam suara kicau, mulai dari suara kicau yang lembut dan merdu hingga suara kicau yang keras dan lantang. Pleci pacitan betina hanya dapat mengeluarkan suara kicau yang sederhana dan monoton.

9. Perilaku

Pleci pacitan jantan umumnya lebih aktif dan agresif daripada pleci pacitan betina. Pleci pacitan jantan sering berkicau dan terbang kesana kemari. Pleci pacitan betina umumnya lebih pendiam dan pemalu.

10. Harga

Pleci pacitan jantan umumnya lebih mahal daripada pleci pacitan betina. Harga pleci pacitan jantan bisa mencapai jutaan rupiah, sedangkan harga pleci pacitan betina hanya ratusan ribu rupiah.

Tips Memilih Pleci Pacitan Jantan

Jika Anda ingin memelihara burung pleci pacitan, sebaiknya Anda memilih pleci pacitan jantan. Pleci pacitan jantan memiliki suara kicau yang lebih merdu dan bervariasi, serta penampilan yang lebih menarik. Berikut ini adalah beberapa tips memilih pleci pacitan jantan:

  • Pilih pleci pacitan yang memiliki ukuran tubuh yang besar dan berat badan yang berat.
  • Pilih pleci pacitan yang memiliki warna bulu yang cerah dan mencolok.
  • Pilih pleci pacitan yang memiliki bentuk kepala yang bulat dan besar.
  • Pilih pleci pacitan yang memiliki paruh yang panjang dan tebal.
  • Pilih pleci pacitan yang memiliki mata yang besar dan bulat.
  • Pilih pleci pacitan yang memiliki kaki yang panjang dan kuat.
  • Pilih pleci pacitan yang memiliki suara kicau yang merdu dan bervariasi.
  • Pilih pleci pacitan yang aktif dan agresif.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memilih pleci pacitan jantan yang berkualitas baik dan dapat menjadi teman kicau yang menyenangkan bagi Anda.