Ciri-Ciri Burung Pleci Jantan: Panduan Memilih Burung Pleci Berkualitas

Ciri-Ciri Burung Pleci Jantan: Panduan Memilih Burung Pleci Berkualitas

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di kalangan pecinta burung. Selain memiliki suara kicau yang merdu, burung pleci juga dikenal dengan penampilannya yang menarik. Namun, bagi pemula, membedakan antara burung pleci jantan dan betina mungkin menjadi hal yang sulit. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri burung pleci jantan agar dapat memilih burung pleci yang berkualitas.

1. Ukuran Tubuh

Burung pleci jantan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan burung pleci betina. Panjang tubuh burung pleci jantan dapat mencapai 15-17 cm, sedangkan burung pleci betina hanya sekitar 13-15 cm.

2. Berat Badan

Burung pleci jantan juga memiliki berat badan yang lebih berat dibandingkan dengan burung pleci betina. Berat badan burung pleci jantan dapat mencapai 25-30 gram, sedangkan burung pleci betina hanya sekitar 20-25 gram.

3. Bentuk Kepala

Burung pleci jantan memiliki bentuk kepala yang lebih bulat dan besar dibandingkan dengan burung pleci betina. Selain itu, burung pleci jantan juga memiliki jambul yang lebih panjang dan tebal dibandingkan dengan burung pleci betina.

4. Warna Bulu

Burung pleci jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan mencolok dibandingkan dengan burung pleci betina. Warna bulu burung pleci jantan umumnya didominasi oleh warna hijau, kuning, dan biru. Sedangkan burung pleci betina memiliki warna bulu yang lebih kusam dan tidak mencolok.

5. Paruh

Burung pleci jantan memiliki paruh yang lebih panjang dan tebal dibandingkan dengan burung pleci betina. Selain itu, paruh burung pleci jantan juga memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan burung pleci betina.

6. Kaki

Burung pleci jantan memiliki kaki yang lebih panjang dan kuat dibandingkan dengan burung pleci betina. Selain itu, kaki burung pleci jantan juga memiliki warna yang lebih gelap dibandingkan dengan burung pleci betina.

7. Suara Kicau

Burung pleci jantan memiliki suara kicau yang lebih merdu dan bervariasi dibandingkan dengan burung pleci betina. Burung pleci jantan dapat mengeluarkan berbagai macam suara kicau, mulai dari suara kicau yang lembut hingga suara kicau yang keras dan bersemangat. Sedangkan burung pleci betina hanya dapat mengeluarkan suara kicau yang monoton dan tidak bervariasi.

8. Tingkah Laku

Burung pleci jantan umumnya lebih aktif dan agresif dibandingkan dengan burung pleci betina. Burung pleci jantan sering terlihat terbang kesana-kemari dan berkicau dengan lantang. Sedangkan burung pleci betina lebih cenderung diam dan tidak banyak bergerak.

9. Harga

Burung pleci jantan umumnya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan burung pleci betina. Hal ini disebabkan karena burung pleci jantan memiliki kualitas kicau yang lebih baik dan penampilan yang lebih menarik.

Itulah beberapa ciri-ciri burung pleci jantan yang dapat Anda jadikan sebagai panduan dalam memilih burung pleci yang berkualitas. Dengan mengetahui ciri-ciri burung pleci jantan, Anda dapat memilih burung pleci yang memiliki kualitas kicau yang baik dan penampilan yang menarik.