Ciri-ciri Burung Cendet Madura Betina

Ciri-ciri Burung Cendet Madura Betina

Burung cendet madura (Lanius schach) merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan lantang, sehingga sering dijadikan sebagai burung master untuk burung kicau lainnya. Selain itu, burung cendet madura juga memiliki penampilan yang menarik, dengan bulu-bulu berwarna hitam dan putih yang kontras.

Burung cendet madura betina memiliki beberapa ciri-ciri fisik yang membedakannya dengan burung cendet madura jantan. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri burung cendet madura betina:

  1. Ukuran tubuh

Burung cendet madura betina umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan burung cendet madura jantan. Panjang tubuh burung cendet madura betina sekitar 20-25 cm, sedangkan panjang tubuh burung cendet madura jantan sekitar 25-30 cm.

  1. Berat badan

Burung cendet madura betina juga memiliki berat badan yang lebih ringan dibandingkan dengan burung cendet madura jantan. Berat badan burung cendet madura betina sekitar 30-40 gram, sedangkan berat badan burung cendet madura jantan sekitar 40-50 gram.

  1. Warna bulu

Burung cendet madura betina memiliki warna bulu yang lebih kusam dibandingkan dengan burung cendet madura jantan. Bulu-bulu burung cendet madura betina berwarna hitam kecoklatan, sedangkan bulu-bulu burung cendet madura jantan berwarna hitam pekat.

  1. Corak bulu

Burung cendet madura betina memiliki corak bulu yang lebih sedikit dibandingkan dengan burung cendet madura jantan. Corak bulu burung cendet madura betina berupa garis-garis putih tipis pada bagian sayap dan ekor, sedangkan corak bulu burung cendet madura jantan berupa garis-garis putih tebal pada bagian sayap dan ekor.

  1. Suara kicau

Burung cendet madura betina memiliki suara kicau yang lebih pelan dan lembut dibandingkan dengan burung cendet madura jantan. Suara kicau burung cendet madura betina juga tidak sevariatif suara kicau burung cendet madura jantan.

  1. Perilaku

Burung cendet madura betina umumnya lebih jinak dan mudah jinak dibandingkan dengan burung cendet madura jantan. Burung cendet madura betina juga lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

Cara Membedakan Burung Cendet Madura Jantan dan Betina

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membedakan burung cendet madura jantan dan betina:

  1. Amati ukuran tubuhnya

Burung cendet madura jantan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibandingkan dengan burung cendet madura betina.

  1. Timbang berat badannya

Burung cendet madura jantan umumnya memiliki berat badan yang lebih berat dibandingkan dengan burung cendet madura betina.

  1. Perhatikan warna bulunya

Burung cendet madura jantan umumnya memiliki warna bulu yang lebih hitam pekat dibandingkan dengan burung cendet madura betina.

  1. Lihat corak bulunya

Burung cendet madura jantan umumnya memiliki corak bulu yang lebih banyak dibandingkan dengan burung cendet madura betina.

  1. Dengarkan suara kicauannya

Burung cendet madura jantan umumnya memiliki suara kicau yang lebih lantang dan variatif dibandingkan dengan burung cendet madura betina.

  1. Perhatikan perilakunya

Burung cendet madura jantan umumnya lebih agresif dan sulit jinak dibandingkan dengan burung cendet madura betina.

Tips Memilih Burung Cendet Madura Betina yang Bagus

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih burung cendet madura betina yang bagus:

  1. Pilih burung yang sehat

Pastikan burung cendet madura betina yang Anda pilih dalam kondisi sehat. Burung yang sehat memiliki mata yang cerah, bulu-bulu yang mengkilap, dan nafsu makan yang baik.

  1. Pilih burung yang jinak

Burung cendet madura betina yang jinak akan lebih mudah dirawat dan dilatih. Pilih burung yang tidak takut dengan manusia dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

  1. Pilih burung yang memiliki suara kicau yang bagus

Burung cendet madura betina yang memiliki suara kicau yang bagus akan lebih bernilai jual. Pilih burung yang memiliki suara kicau yang lantang, merdu, dan variatif.

  1. Pilih burung yang memiliki mental yang bagus

Burung cendet madura betina yang memiliki mental yang bagus akan lebih mudah dilatih dan tidak mudah stres. Pilih burung yang tidak mudah takut dan memiliki semangat juang yang tinggi.