Cara Merawat Burung Pleci Bustomi

Cara Merawat Burung Pleci Bustomi

Burung pleci bustomi (Pycnonotus bustomi) adalah salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara yang merdu dan penampilan yang cantik. Pleci bustomi juga dikenal sebagai burung yang mudah dirawat. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar burung pleci bustomi tetap sehat dan berumur panjang.

1. Kandang

Kandang yang ideal untuk burung pleci bustomi adalah kandang yang berukuran cukup besar, sekitar 60 x 40 x 40 cm. Kandang harus terbuat dari bahan yang kuat dan kokoh, seperti besi atau kawat. Kandang juga harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum.

2. Pakan

Pakan yang ideal untuk burung pleci bustomi adalah voer dan buah-buahan. Voer dapat diberikan setiap hari, sedangkan buah-buahan dapat diberikan 2-3 kali seminggu. Beberapa buah yang disukai oleh burung pleci bustomi antara lain apel, pisang, dan pepaya.

3. Air Minum

Air minum yang diberikan kepada burung pleci bustomi harus selalu bersih dan segar. Air minum harus diganti setiap hari.

4. Mandi

Burung pleci bustomi perlu dimandikan secara teratur. Mandi dapat membantu membersihkan tubuh burung dari kotoran dan kutu. Burung pleci bustomi dapat dimandikan dengan cara disemprot menggunakan sprayer atau dengan cara memasukkannya ke dalam bak mandi yang berisi air hangat.

5. Jemur

Burung pleci bustomi perlu dijemur secara teratur. Penjemuran dapat membantu burung pleci bustomi mendapatkan vitamin D yang dibutuhkan untuk kesehatan tulangnya. Burung pleci bustomi dapat dijemur selama 1-2 jam setiap hari.

6. Pemasteran

Pemasteran adalah proses mengajarkan burung pleci bustomi untuk berkicau dengan suara yang bagus. Pemasteran dapat dilakukan dengan cara memutar rekaman suara burung pleci bustomi yang sudah gacor. Pemasteran harus dilakukan secara rutin agar burung pleci bustomi dapat belajar dengan baik.

7. Kesehatan

Burung pleci bustomi rentan terhadap beberapa penyakit, seperti penyakit saluran pernapasan, penyakit pencernaan, dan penyakit kulit. Untuk mencegah burung pleci bustomi terkena penyakit, perlu dilakukan vaksinasi secara teratur. Vaksinasi dapat dilakukan di dokter hewan.

8. Penangkaran

Burung pleci bustomi dapat dikembangbiakkan di penangkaran. Penangkaran burung pleci bustomi dapat dilakukan dengan cara mengawinkan burung pleci bustomi jantan dan betina yang sudah dewasa. Setelah kawin, burung pleci bustomi betina akan bertelur. Telur-telur tersebut akan dierami oleh burung pleci bustomi jantan dan betina secara bergantian. Setelah sekitar 14 hari, telur-telur tersebut akan menetas. Anak burung pleci bustomi akan dirawat oleh kedua induknya hingga mereka dewasa.

9. Harga

Harga burung pleci bustomi bervariasi tergantung pada jenis, usia, dan kualitas suara. Burung pleci bustomi yang berkualitas baik dapat dijual dengan harga hingga jutaan rupiah.

10. Tips Merawat Burung Pleci Bustomi

  • Berikan burung pleci bustomi makanan dan minuman yang berkualitas baik.
  • Mandikan burung pleci bustomi secara teratur.
  • Jemur burung pleci bustomi secara teratur.
  • Lakukan pemasteran pada burung pleci bustomi secara rutin.
  • Vaksinasi burung pleci bustomi secara teratur.
  • Berikan burung pleci bustomi tempat tinggal yang nyaman dan aman.
  • Jangan stres burung pleci bustomi.

Dengan perawatan yang baik, burung pleci bustomi dapat hidup hingga 10 tahun atau lebih.