Cara Memilih Murai Batu Medan Asli

Cara Memilih Murai Batu Medan Asli

Murai batu medan merupakan salah satu jenis burung kicau yang sangat populer di Indonesia. Burung ini dikenal dengan suara kicauannya yang merdu dan penampilannya yang menarik. Namun, tidak semua murai batu medan yang dijual di pasaran adalah asli. Banyak penjual yang menjual murai batu medan palsu atau KW.

Oleh karena itu, sebelum membeli murai batu medan, Anda harus mengetahui ciri-ciri murai batu medan asli. Berikut ini adalah beberapa cara memilih murai batu medan asli:

1. Perhatikan Warna Bulunya

Murai batu medan asli memiliki warna bulu yang khas. Bagian kepala, leher, dan dada berwarna hitam mengkilap. Bagian punggung dan sayap berwarna coklat tua. Bagian ekor berwarna hitam dengan ujung putih.

2. Perhatikan Bentuk Tubuhnya

Murai batu medan asli memiliki tubuh yang ramping dan proporsional. Panjang tubuhnya sekitar 20-25 cm. Berat badannya sekitar 100-150 gram.

3. Perhatikan Paruhnya

Murai batu medan asli memiliki paruh yang kuat dan tajam. Paruhnya berwarna hitam atau coklat tua.

4. Perhatikan Matanya

Murai batu medan asli memiliki mata yang besar dan bulat. Matanya berwarna hitam atau coklat tua.

5. Perhatikan Kakinya

Murai batu medan asli memiliki kaki yang kuat dan kokoh. Kakinya berwarna hitam atau coklat tua.

6. Perhatikan Suara Kicaunya

Murai batu medan asli memiliki suara kicauan yang merdu dan bervariasi. Suara kicauannya terdengar keras dan jelas.

7. Perhatikan Tingkah Laku

Murai batu medan asli memiliki tingkah laku yang aktif dan lincah. Burung ini suka melompat-lompat dan berkicau.

8. Periksa Surat-Surat

Sebelum membeli murai batu medan, pastikan Anda memeriksa surat-surat burung tersebut. Surat-surat tersebut meliputi surat keterangan asal-usul burung, surat kesehatan burung, dan surat izin kepemilikan burung.

9. Belilah dari Penjual yang Terpercaya

Belilah murai batu medan dari penjual yang terpercaya. Penjual yang terpercaya akan memberikan informasi yang jelas dan akurat tentang burung yang dijualnya.

10. Jangan Tergiur dengan Harga Murah

Jangan tergiur dengan harga murai batu medan yang murah. Harga murai batu medan asli biasanya cukup mahal. Jika Anda menemukan murai batu medan yang dijual dengan harga murah, sebaiknya Anda waspada.

11. Lakukan Tes DNA

Jika Anda ingin memastikan bahwa murai batu medan yang Anda beli adalah asli, Anda dapat melakukan tes DNA. Tes DNA dapat dilakukan di laboratorium khusus.

12. Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Sebelum membeli murai batu medan, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter hewan. Dokter hewan dapat memberikan informasi tentang kesehatan burung dan cara merawat burung dengan baik.

13. Lakukan Karantina

Setelah membeli murai batu medan, sebaiknya Anda melakukan karantina burung tersebut selama 14 hari. Karantina bertujuan untuk mencegah burung tersebut membawa penyakit ke dalam rumah Anda.

14. Berikan Makanan dan Minuman yang Berkualitas

Berikan murai batu medan makanan dan minuman yang berkualitas. Makanan dan minuman yang berkualitas akan membuat burung tersebut sehat dan bugar.

15. Berikan Perawatan yang Baik

Berikan murai batu medan perawatan yang baik. Perawatan yang baik meliputi memandikan burung secara teratur, membersihkan kandang burung, dan memberikan vitamin dan mineral yang dibutuhkan burung.

Demikianlah cara memilih murai batu medan asli. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.