Cara Membedakan Burung Pleci Jantan Dan Betina

Cara Membedakan Burung Pleci Jantan dan Betina

Burung pleci (Zosterops palpebrosus) adalah salah satu burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan penampilan yang menarik. Pleci jantan dan betina memiliki beberapa perbedaan fisik yang dapat digunakan untuk membedakannya.

1. Ukuran Tubuh

Burung pleci jantan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada burung pleci betina. Panjang tubuh burung pleci jantan sekitar 11-12 cm, sedangkan panjang tubuh burung pleci betina sekitar 10-11 cm.

2. Berat Badan

Burung pleci jantan juga umumnya memiliki berat badan yang lebih berat daripada burung pleci betina. Berat badan burung pleci jantan sekitar 11-13 gram, sedangkan berat badan burung pleci betina sekitar 9-11 gram.

3. Warna Bulu

Burung pleci jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan lebih kontras daripada burung pleci betina. Warna bulu burung pleci jantan umumnya hijau zaitun dengan garis-garis hitam di bagian punggung dan sayap. Bagian dada dan perut burung pleci jantan berwarna kuning cerah.

Burung pleci betina memiliki warna bulu yang lebih kusam dan kurang kontras daripada burung pleci jantan. Warna bulu burung pleci betina umumnya hijau zaitun dengan garis-garis hitam yang lebih tipis di bagian punggung dan sayap. Bagian dada dan perut burung pleci betina berwarna kuning pucat.

4. Paruh

Burung pleci jantan memiliki paruh yang lebih panjang dan lebih tebal daripada burung pleci betina. Paruh burung pleci jantan berwarna hitam, sedangkan paruh burung pleci betina berwarna coklat tua.

5. Kaki

Burung pleci jantan memiliki kaki yang lebih panjang dan lebih kuat daripada burung pleci betina. Kaki burung pleci jantan berwarna hitam, sedangkan kaki burung pleci betina berwarna coklat tua.

6. Suara Kicau

Burung pleci jantan memiliki suara kicau yang lebih keras dan lebih bervariasi daripada burung pleci betina. Burung pleci jantan dapat berkicau dengan berbagai macam nada dan irama.

Burung pleci betina memiliki suara kicau yang lebih lembut dan lebih monoton daripada burung pleci jantan. Burung pleci betina biasanya hanya berkicau dengan beberapa nada dan irama yang terbatas.

7. Perilaku

Burung pleci jantan umumnya lebih aktif dan lebih agresif daripada burung pleci betina. Burung pleci jantan sering terlihat terbang kesana kemari dan berkicau dengan keras.

Burung pleci betina umumnya lebih pendiam dan lebih pemalu daripada burung pleci jantan. Burung pleci betina biasanya lebih banyak menghabiskan waktu di dalam sangkar dan jarang berkicau.

8. Harga

Burung pleci jantan umumnya dijual dengan harga yang lebih mahal daripada burung pleci betina. Harga burung pleci jantan bisa mencapai jutaan rupiah, sedangkan harga burung pleci betina hanya sekitar ratusan ribu rupiah.

9. Cara Membedakan Pleci Jantan dan Betina Saat Masih Anakan

Membedakan pleci jantan dan betina saat masih anakan memang cukup sulit. Namun, ada beberapa ciri-ciri yang bisa diamati untuk membedakannya.

  • Ukuran tubuh: Pleci jantan anakan umumnya memiliki ukuran tubuh yang lebih besar daripada pleci betina anakan.
  • Warna bulu: Pleci jantan anakan umumnya memiliki warna bulu yang lebih cerah dan lebih kontras daripada pleci betina anakan.
  • Paruh: Pleci jantan anakan umumnya memiliki paruh yang lebih panjang dan lebih tebal daripada pleci betina anakan.
  • Kaki: Pleci jantan anakan umumnya memiliki kaki yang lebih panjang dan lebih kuat daripada pleci betina anakan.
  • Perilaku: Pleci jantan anakan umumnya lebih aktif dan lebih agresif daripada pleci betina anakan.

10. Tips Memilih Burung Pleci yang Baik

Jika Anda ingin membeli burung pleci, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

  • Pilih burung pleci yang memiliki tubuh yang sehat dan proporsional.
  • Pilih burung pleci yang memiliki warna bulu yang cerah dan kontras.
  • Pilih burung pleci yang memiliki paruh yang panjang dan tebal.
  • Pilih burung pleci yang memiliki kaki yang panjang dan kuat.
  • Pilih burung pleci yang memiliki suara kicau yang keras dan bervariasi.
  • Pilih burung pleci yang memiliki perilaku yang aktif dan agresif.

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat memilih burung pleci yang berkualitas baik dan cocok untuk Anda pelihara.