Burung Pleci Wangi-Wangi: Si Kecil Yang Bersuara Merdu

Burung Pleci Wangi-Wangi: Si Kecil yang Bersuara Merdu

Burung pleci wangi-wangi (Pachycephala simplex) adalah burung pengicau kecil yang ditemukan di pulau-pulau di Indonesia bagian timur, termasuk Sulawesi, Maluku, dan Papua. Burung ini terkenal dengan suaranya yang merdu dan penampilannya yang menarik.

Ciri-ciri Fisik

Burung pleci wangi-wangi memiliki tubuh kecil dengan panjang sekitar 15-18 cm. Bulunya berwarna hitam dengan garis-garis putih pada bagian sayap dan ekornya. Kepala burung ini berwarna hitam dengan mahkota berwarna biru tua. Paruhnya berwarna hitam dan kakinya berwarna abu-abu.

Habitat dan Makanan

Burung pleci wangi-wangi hidup di hutan hujan tropis dan subtropis. Mereka biasanya ditemukan di daerah dengan ketinggian hingga 1.500 meter di atas permukaan laut. Makanan utama burung ini adalah serangga, buah-buahan, dan nektar.

Perilaku dan Reproduksi

Burung pleci wangi-wangi adalah burung yang soliter dan jarang terlihat dalam kelompok. Mereka biasanya bertengger di pohon-pohon tinggi dan berkicau untuk menarik perhatian pasangan. Burung ini membangun sarang berbentuk cangkir dari ranting-ranting dan daun-daunan di pohon-pohon tinggi. Setiap tahun, burung pleci wangi-wangi bertelur sebanyak 2-3 butir. Telur-telur tersebut dierami oleh induk betina selama sekitar 12 hari. Setelah menetas, anak-anak burung pleci wangi-wangi diasuh oleh kedua induknya hingga mereka dapat terbang dan mencari makan sendiri.

Status Konservasi

Burung pleci wangi-wangi saat ini berstatus konservasi Rentan (Vulnerable) menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN). Hal ini disebabkan oleh hilangnya habitat akibat penggundulan hutan dan perdagangan ilegal burung liar. Untuk melindungi burung ini, pemerintah Indonesia telah menetapkan burung pleci wangi-wangi sebagai satwa yang dilindungi.

Pemeliharaan Burung Pleci Wangi-Wangi

Burung pleci wangi-wangi dapat dipelihara sebagai burung kicau. Namun, perlu diingat bahwa burung ini termasuk burung yang dilindungi, sehingga harus memiliki izin dari pemerintah untuk memeliharanya. Selain itu, burung pleci wangi-wangi membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat dan berumur panjang.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memelihara burung pleci wangi-wangi:

  • Sediakan kandang yang cukup besar dengan ukuran minimal 60 x 40 x 40 cm.
  • Kandang harus dilengkapi dengan tempat bertengger, tempat makan, dan tempat minum.
  • Berikan makanan yang bervariasi, seperti serangga, buah-buahan, dan nektar.
  • Jaga kebersihan kandang dan ganti air minum setiap hari.
  • Mandikan burung pleci wangi-wangi secara teratur.
  • Jemur burung pleci wangi-wangi di bawah sinar matahari pagi selama sekitar 15-30 menit setiap hari.
  • Hindari stres pada burung pleci wangi-wangi, seperti suara keras atau perubahan lingkungan yang tiba-tiba.

Dengan perawatan yang tepat, burung pleci wangi-wangi dapat hidup hingga 10 tahun atau lebih.