Burung Pleci: Si Kecil Yang Ceria Dengan Suara Merdu

Burung Pleci: Si Kecil yang Ceria dengan Suara Merdu

Burung pleci (Zosterops japonicus) merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di Indonesia. Burung ini memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 10-12 cm. Bulunya berwarna hijau zaitun di bagian atas dan kuning cerah di bagian bawah. Pleci memiliki paruh yang pendek dan runcing, serta mata yang bulat dan hitam.

Pleci dikenal dengan suaranya yang merdu dan bervariasi. Burung ini dapat berkicau dengan nada tinggi dan rendah, serta mampu menirukan suara burung lain. Pleci juga merupakan burung yang aktif dan lincah, sehingga sering terlihat terbang kesana kemari di sekitar pepohonan.

Habitat dan Persebaran

Burung pleci dapat ditemukan di berbagai wilayah di Asia, termasuk Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Habitat alami pleci adalah hutan hujan tropis dan subtropis, tetapi burung ini juga dapat ditemukan di daerah perkotaan dan pedesaan.

Pleci biasanya hidup berkelompok kecil, dan mereka akan membangun sarang di pohon atau semak-semak. Sarang pleci berbentuk seperti mangkuk kecil, dan terbuat dari rumput, daun, dan ranting.

Makanan

Pleci merupakan burung pemakan serangga. Burung ini akan mencari serangga di sekitar pepohonan dan semak-semak. Pleci juga memakan buah-buahan dan nektar bunga.

Perawatan

Burung pleci merupakan burung yang mudah dirawat. Burung ini dapat hidup di dalam sangkar atau di kandang aviary. Pleci membutuhkan makanan yang cukup, air minum yang bersih, dan tempat bertengger yang nyaman.

Pleci juga perlu dimandikan secara teratur untuk menjaga kebersihan bulunya. Burung ini juga perlu diberi vitamin dan mineral tambahan untuk menjaga kesehatannya.

Penangkaran

Burung pleci dapat dikembangbiakkan di penangkaran. Penangkaran pleci dapat dilakukan dengan cara menjodohkan burung jantan dan betina yang sudah dewasa. Pleci akan bertelur sekitar 2-3 butir, dan telur-telur tersebut akan dierami oleh induk betina selama sekitar 12-14 hari.

Setelah menetas, anak-anak pleci akan dirawat oleh kedua induknya hingga mereka dewasa. Anak-anak pleci akan mulai belajar berkicau pada usia sekitar 3-4 bulan.

Manfaat

Burung pleci merupakan burung yang bermanfaat bagi manusia. Burung ini dapat membantu mengendalikan populasi serangga, dan suaranya yang merdu dapat menghibur manusia. Pleci juga dapat dijadikan sebagai burung hias, dan burung ini sering diikutsertakan dalam kontes kicau burung.

Konservasi

Burung pleci merupakan burung yang dilindungi oleh undang-undang. Burung ini tidak boleh ditangkap atau diperdagangkan secara ilegal. Populasi pleci di alam liar terus menurun akibat perburuan dan kerusakan habitat.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kelestarian burung pleci dengan cara melindungi habitatnya dan tidak melakukan perburuan liar. Kita juga dapat mendukung penangkaran pleci yang dilakukan secara legal, sehingga burung ini dapat terus lestari di alam liar.