Burung Pleci Sumbawa: Si Kecil Yang Menawan Dari Pulau Sumbawa

Burung Pleci Sumbawa: Si Kecil yang Menawan dari Pulau Sumbawa

Burung pleci sumbawa (Zosterops sumbavensis) adalah burung pengicau kecil yang cantik dan unik yang berasal dari Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Burung ini termasuk dalam famili Zosteropidae, yang juga dikenal sebagai burung kacamata.

Ciri-ciri Burung Pleci Sumbawa

Burung pleci sumbawa memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 10-12 cm dan berat sekitar 10-15 gram. Bulunya didominasi warna hijau zaitun, dengan bagian kepala dan dada berwarna kuning cerah. Di sekitar matanya terdapat lingkaran putih yang khas, yang membuatnya terlihat seperti memakai kacamata.

Paruh burung pleci sumbawa pendek dan runcing, berwarna hitam. Kakinya juga berwarna hitam, dengan cakar yang kuat untuk berpegangan pada ranting pohon.

Habitat dan Persebaran Burung Pleci Sumbawa

Burung pleci sumbawa merupakan burung endemik Pulau Sumbawa. Habitatnya meliputi hutan hujan tropis, hutan sekunder, dan perkebunan. Burung ini biasanya ditemukan di dataran rendah hingga ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.

Perilaku dan Makanan Burung Pleci Sumbawa

Burung pleci sumbawa adalah burung yang aktif dan lincah. Mereka biasanya hidup dalam kelompok kecil, yang terdiri dari beberapa pasang burung. Burung ini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mencari makan di pepohonan.

Makanan utama burung pleci sumbawa adalah serangga kecil, seperti semut, rayap, dan ulat. Mereka juga memakan buah-buahan dan nektar bunga.

Kicauan Burung Pleci Sumbawa

Burung pleci sumbawa dikenal memiliki kicauan yang merdu dan bervariasi. Kicauannya didominasi oleh nada-nada tinggi, dengan beberapa variasi nada rendah. Burung ini juga mampu menirukan suara burung lain dan suara-suara di sekitarnya.

Kicauan burung pleci sumbawa sangat populer di kalangan penggemar burung kicau. Burung ini sering dipelihara sebagai burung hias dan burung lomba kicau.

Status Konservasi Burung Pleci Sumbawa

Burung pleci sumbawa saat ini berstatus konservasi rentan (vulnerable). Populasinya terus menurun akibat perburuan liar dan hilangnya habitat.

Untuk melindungi burung pleci sumbawa, pemerintah telah menetapkan kawasan konservasi di Pulau Sumbawa. Selain itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian burung ini.

Kesimpulan

Burung pleci sumbawa adalah burung pengicau kecil yang cantik dan unik yang berasal dari Pulau Sumbawa. Burung ini memiliki kicauan yang merdu dan bervariasi, sehingga populer di kalangan penggemar burung kicau. Namun, saat ini burung pleci sumbawa berstatus konservasi rentan akibat perburuan liar dan hilangnya habitat. Untuk melindungi burung ini, pemerintah telah menetapkan kawasan konservasi di Pulau Sumbawa dan perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian burung ini.