Burung Pleci Ngural: Proses, Perawatan, Dan Tips Memeliharanya

Burung Pleci Ngural: Proses, Perawatan, dan Tips Memeliharanya

Burung pleci merupakan salah satu jenis burung kicau yang populer di kalangan penggemar burung. Burung ini memiliki suara kicau yang merdu dan penampilan yang menarik. Namun, seperti halnya burung lainnya, burung pleci juga mengalami proses ngurak atau pergantian bulu.

Proses ngurak pada burung pleci biasanya terjadi setahun sekali, tepatnya pada saat pergantian musim. Selama proses ngurak, burung pleci akan kehilangan bulu-bulunya secara bertahap dan digantikan dengan bulu-bulu baru. Proses ini biasanya berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan, tergantung pada kondisi burung.

Proses Ngurak pada Burung Pleci

Proses ngurak pada burung pleci dapat dibagi menjadi beberapa tahap, yaitu:

  1. Tahap Awal

Pada tahap awal, burung pleci akan mulai merasa gelisah dan tidak nyaman. Burung akan sering menggaruk-garuk tubuhnya dan terlihat lebih sering bertengger di tempat yang tinggi.

  1. Tahap Pergantian Bulu

Pada tahap ini, burung pleci akan mulai kehilangan bulu-bulunya secara bertahap. Bulu-bulu yang rontok biasanya dimulai dari bagian kepala, leher, dan dada. Kemudian, bulu-bulu di bagian sayap dan ekor juga akan rontok.

  1. Tahap Pemulihan

Setelah semua bulu-bulu rontok, burung pleci akan memasuki tahap pemulihan. Pada tahap ini, burung akan mulai menumbuhkan bulu-bulu baru. Proses pertumbuhan bulu-bulu baru ini biasanya berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Perawatan Burung Pleci Ngural

Selama proses ngurak, burung pleci membutuhkan perawatan khusus agar tetap sehat dan tidak stres. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat burung pleci ngurak:

  1. Berikan Makanan yang Bergizi

Selama proses ngurak, burung pleci membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk mendukung pertumbuhan bulu-bulu baru. Berikan burung pleci makanan yang kaya protein, vitamin, dan mineral. Anda dapat memberikan voer khusus untuk burung pleci, biji-bijian, dan buah-buahan.

  1. Jaga Kebersihan Kandang

Kandang burung pleci harus selalu dijaga kebersihannya, terutama selama proses ngurak. Kotoran burung dan sisa-sisa makanan harus dibersihkan secara rutin agar burung tidak terkena penyakit.

  1. Hindari Stres

Burung pleci yang stres akan lebih mudah sakit dan mengalami masalah kesehatan lainnya. Oleh karena itu, hindari memberikan stres pada burung pleci selama proses ngurak. Jangan terlalu sering memegang burung atau memindahkannya ke kandang yang berbeda.

  1. Berikan Suplemen

Anda dapat memberikan suplemen untuk membantu burung pleci melewati proses ngurak dengan lebih baik. Suplemen yang dapat diberikan antara lain vitamin, mineral, dan asam amino.

Tips Memelihara Burung Pleci Ngural

Berikut ini adalah beberapa tips untuk memelihara burung pleci ngurak:

  1. Jangan Memandikan Burung

Selama proses ngurak, sebaiknya jangan memandikan burung pleci. Memandikan burung dapat membuat bulu-bulu baru menjadi basah dan rusak.

  1. Jangan Menjemur Burung

Selama proses ngurak, sebaiknya jangan menjemur burung pleci. Menjemur burung dapat membuat bulu-bulu baru menjadi kering dan rapuh.

  1. Jangan Memberikan Obat-obatan

Jangan memberikan obat-obatan pada burung pleci selama proses ngurak, kecuali jika direkomendasikan oleh dokter hewan. Obat-obatan dapat mengganggu proses ngurak dan menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

  1. Bersabarlah

Proses ngurak pada burung pleci biasanya berlangsung selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Bersabarlah dan jangan memaksa burung untuk melewati proses ngurak dengan lebih cepat.