Burung Pleci Lombok Kuning: Si Kecil Yang Ceria Dan Berwarna-warni

Burung Pleci Lombok Kuning: Si Kecil yang Ceria dan Berwarna-warni

Burung pleci lombok kuning (Padda oryzivora) adalah salah satu jenis burung finch yang berasal dari Indonesia. Burung ini dikenal dengan warna bulunya yang cerah dan ceria, serta suaranya yang merdu. Pleci lombok kuning merupakan burung yang populer sebagai burung peliharaan karena perawatannya yang mudah dan sifatnya yang jinak.

Ciri-ciri Burung Pleci Lombok Kuning

Burung pleci lombok kuning memiliki ukuran tubuh yang kecil, dengan panjang sekitar 15-17 cm. Bulu-bulunya didominasi oleh warna kuning cerah, dengan sedikit warna hitam di bagian kepala dan sayapnya. Paruhnya berwarna merah, dan kakinya berwarna hitam.

Burung pleci lombok kuning jantan dan betina memiliki perbedaan warna bulu yang cukup jelas. Pleci lombok kuning jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan kontras, dengan warna hitam yang lebih pekat di bagian kepala dan sayapnya. Pleci lombok kuning betina memiliki warna bulu yang lebih pucat, dengan warna hitam yang lebih sedikit.

Habitat dan Persebaran Burung Pleci Lombok Kuning

Burung pleci lombok kuning berasal dari Indonesia, dan dapat ditemukan di berbagai daerah di Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. Burung ini biasanya hidup di hutan-hutan terbuka, kebun-kebun, dan persawahan. Pleci lombok kuning juga dapat ditemukan di daerah perkotaan, seperti taman-taman dan halaman rumah.

Makanan Burung Pleci Lombok Kuning

Burung pleci lombok kuning merupakan burung pemakan biji-bijian. Makanan utamanya adalah padi, jagung, dan millet. Selain itu, pleci lombok kuning juga memakan buah-buahan, sayuran, dan serangga kecil.

Perawatan Burung Pleci Lombok Kuning

Burung pleci lombok kuning merupakan burung yang mudah dirawat. Burung ini dapat dipelihara di dalam sangkar atau di kandang aviary. Sangkar atau kandang aviary harus cukup besar agar pleci lombok kuning dapat bergerak dengan bebas.

Makanan pleci lombok kuning harus diberikan secara teratur, yaitu 2-3 kali sehari. Makanan yang diberikan harus bervariasi, agar pleci lombok kuning mendapatkan nutrisi yang lengkap. Pleci lombok kuning juga harus diberi air minum yang bersih dan segar setiap hari.

Penangkaran Burung Pleci Lombok Kuning

Burung pleci lombok kuning dapat dikembangbiakkan di penangkaran. Penangkaran pleci lombok kuning dapat dilakukan dengan cara mengawinkan pleci lombok kuning jantan dan betina yang sehat dan produktif. Pleci lombok kuning biasanya akan bertelur sebanyak 4-6 butir telur dalam satu kali bertelur. Telur-telur tersebut akan dierami oleh pleci lombok kuning betina selama sekitar 12-14 hari. Setelah menetas, anak-anak pleci lombok kuning akan dirawat oleh kedua induknya hingga mereka dewasa.

Manfaat Burung Pleci Lombok Kuning

Burung pleci lombok kuning merupakan burung yang bermanfaat bagi manusia. Burung ini dapat membantu membasmi hama serangga di sawah dan kebun. Selain itu, pleci lombok kuning juga dapat menjadi burung peliharaan yang cantik dan menghibur.

Kesimpulan

Burung pleci lombok kuning merupakan burung yang cantik, ceria, dan mudah dirawat. Burung ini cocok untuk dipelihara oleh siapa saja, baik oleh pemula maupun oleh yang sudah berpengalaman. Pleci lombok kuning juga dapat menjadi burung yang bermanfaat bagi manusia, karena dapat membantu membasmi hama serangga dan menjadi burung peliharaan yang menghibur.